Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Belajaraya 2023 Dorong Semua Pihak Ambil Peran untuk Pendidikan

Belajaraya 2023 Dorong Semua Pihak Ambil Peran untuk Pendidikan

Ribuan pendukung transformasi pendidikan dari lintas sektor dan latar belakang, pada Sabtu (29/07/2023) berkumpul di Belajaraya 2023 “Ambil Peran untuk Pendidikan”, sebuah acara perjumpaan nasional tahunan yang digagas jaringan pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG), di Pos Bloc Jakarta Pusat.

Acara dihadiri oleh para pejabat tinggi negara dan tokoh masyarakat, baik dari sektor pendidikan maupun dari luar sektor pendidikan, seperti Nadiem Makarim, Anies Baswedan, Lukman Hakim Saifuddin, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, Lc., Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Belajaraya 2023 juga menampilkan tokoh media, pemimpin dunia usaha, serta para pekerja seni dan ekonomi kreatif seperti Budi Setyarso, William Utomo, Shinta Kamdani, Salman Subakat, Ahmad Fuadi, Nisa Felicia, Rizqy Rahmat Hani, Maudy Ayunda, Zaskia Adya Mecca, Tompi, Andien, RAN, Tulus, Vidi Aldiano, Kunto Aji, Endah N Rhesa, Dere, Idgitaf, dan Hanung Bramantyo.

Najelaa Shihab, Pendidik dan Penggagas SMSG menjelaskan, “Jaringan SMSG telah berkembang sangat pesat dan menggarap banyak sekali hal yang berkaitan dengan pendidikan, mulai dari pengembangan guru, pendidikan lingkungan, pendidikan karakter, pendidikan yang inklusif bagi penyandang disabilitas, dan lain-lain. Ini merupakan kabar baik bagi dunia pendidikan Indonesia, karena semakin banyak aktor yang ambil peran, dan inovasi pendidikan bukan cuma diwacanakan tetapi sungguh dipraktikkan.”

Belajaraya 2023 menggelar berbagai diskusi melalui Kelas Belajar dengan berbagai tema variatif yang berkaitan dengan pendidikan. Diskusi membahas berbagai macam topik termasuk pendidikan inklusif, pendidikan seks, pendidikan lingkungan  hidup, kesehatan mental, dan masih banyak lagi.

Kelas Belajar menghadirkan banyak relawan dari kelompok komunitas hingga musisi papan atas yang merupakan kolaborator jaringan SMSG, antara lain Kunto Aji, Andien, RAN, Dere, Tulus, Vidi Aldiano, IDGITAF, dan Tompi. Acara ini sukses mendatangkan animo yang besar dan menarik pengunjung yang mayoritas berasal dari kalangan muda.

Ada sesi Kelas Belajar “Parenting for Teen’s Mental Health” yang menghadirkan penyanyi Andien dan ada Kelas Belajar “Pendidikan Seksualitas dan Interaksi” yang diisi oleh tokoh pendidik dan pemuka agama yang juga mantan Menteri Agama Republik Indonesia, Quraish Shihab.

Kepedulian terhadap pendidikan anak juga disampaikan oleh grup musik RAN yang turut hadir meramaikan acara sebagai bintang tamu dan narasumber dalam sesi Kelas Belajar "Kecil-Kecil Cabe Rawit: Anak-anak Berkesenian dan Bercerita”.

Di Belajaraya 2023 pendidikan juga didorong untuk membantu menyelesaikan isu-isu lingkungan. Hal ini didiskusikan melalui Kelas Belajar “Jaga Bumi”, yang mengampanyekan pemecahan persoalan lingkungan hidup kepada generasi muda. Salah satu pembicara dalam sesi, adalah musisi Dere yang telah sering menyuarakan isu-isu lingkungan hidup melalui lirik lagu yang diciptakannya.

Ada juga sesi Ngobrol Publik, diskusi yang bertujuan untuk membantu mengatasi berbagai isu-isu prioritas pendidikan Indonesia. Perwakilan dari pegiat pendidikan, pelaku seni, hingga pejabat publik hadir dan berbagi sudut pandang yang berbeda. Salah satu sesi Ngobrol Publik bertema “Belajar Tak Hanya di Sekolah”, yang antara lain diisi oleh Prabowo Subianto, Maudy Ayunda, dan Ahmad Fuadi.

Kolaborasi secara terbuka dan pemberdayaan semua pelaku dan peran merupakan salah satu dari prinsip-prinsip nilai kerja bareng yang disepakati oleh jaringan SMSG. Dan melalui Belajaraya 2023, isu-isu prioritas pendidikan Indonesia, dapat dibantu dipecahkan oleh berbagai pihak melalui partisipasi aktif dalam memperkuat peran pendidikan di luar sekolah. (M&B/SW/Foto: Dok. SMSG Belajaraya 2023)