Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Losion Anti Nyamuk yang Ampuh dan Aman untuk Anak Balita

Rekomendasi Losion Anti Nyamuk yang Ampuh dan Aman untuk Anak Balita

Angka DBD sedang naik lho, Moms! Menurut data Kementerian Kesehatan RI, terdapat 35.694 kasus DBD pada periode Januari-Mei 2023 di seluruh Indonesia. Angka kematian akibat DBD pun tinggi, totalnya mencapai 270 kematian dengan angka tertinggi 68 kematian di Jawa Tengah.

Jangan anggap remeh, Moms perlu lakukan upaya pencegahan sebaik mungkin. Lindungi Si Kecil dari bahaya gigitan nyamuk, salah satunya dengan mengoleskan losion anti nyamuk. Tapi, jangan asal dalam memilih losion anti nyamuk ya, Moms, pastikan formulanya aman untuk kulit anak.

Bukan cuma anak, bayi juga perlu pakai losion anti nyamuk, terutama ketika diajak beraktivitas di luar ruangan. Bingung memilih losion anti nyamuk untuk bayi dan balita? Simak rekomendasi M&B berikut ini yuk, Moms!

1. Autan Care & Protect

Merek losion anti nyamuk yang satu ini mungkin sudah sangat dikenal di Indonesia ya, Moms. Kini Autan punya varian Care & Protect dengan kandungan bahan aktif yang lebih rendah, sehingga lebih nyaman untuk kulit anak-anak. Losion ini ampuh melindungi anak dari gigitan nyamuk hingga 6-8 jam. Wanginya ada apel dan jeruk yang tentu disukai anak. Untuk kemasan ada opsi sachet dan tube (kemasan 25 ml dan 50 ml).

Beli di Shopee

2. Bambi Baby Anti Mosquito Lotion

Kulit Si Kecil sensitif? Bambi Baby Anti Mosquito ini cocok digunakan dengan perlindungan hingga 8 jam. Diformulasikan dengan Natural Active Ingredients, anti-irritant complex, hypoallergenic, dan pastinya dermatologically tested. Teksturnya sangat ringan dan enggak lengket, tentu nyaman untuk Si Kecil. Untuk perlindungan maksimal, silakan oleskan ulang setiap 4 jam sekali ya, Moms.

Beli di Tokopedia

3. Bebe Roosie Bugs Repellent

Produk yang satu ini diformulasi dengan minyak esensial organik Lavender dan Citronella yang efektif mengusir serangga. Aman untuk bayi baru lahir karena Bebe Roosie Bugs Repellent tidak mengandung DEET (kandungan yang dilarang oleh American Academy of Pediatrics karena bisa mengganggu sistem saraf anak). Produk ini juga mengandung aloe vera sehingga cocok untuk mengurangi rasa gatal, memudarkan bekas gigitan nyamuk, dan cocok untuk kulit anak yang rentan alergi, gatal, atau kemerahan.

Beli di BliBli

4. Buds Organics Mozzie Clear Lotion

Menangkis serangga dengan kandungan alami? Produk yang sudah mendunia ini bisa jadi solusi ampuh, Moms. Losion ini mengandung citronella yang melindungi kulit anak dari serangga, chamomile yang membantu menenangkan kulit yang gatal, dan olive leaf extract yang ampuh menangkis nyamuk serta memulihkan kulit yang bentol.

Beli di Babyzania

5. Caladine Mosquito Repellent

Losion anti nyamuk ini tidak mengandung DEET, sehingga nyaman dan aman untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk Aedes aegypti, Anopheles, Filariasis yang membawa virus Zika, DBD, Malaria, dan Kaki Gajah. Produk ini telah teruji klinis tidak menimbulkan iritasi dan efek samping pada kulit, walau dipakai sering dan berulang. Kerennya lagi, produk ini melindungi hingga 10 jam, baunya tidak menyengat dan tidak lengket.

Beli di Tokopedia

6. Cussons Baby Moscare 

Diformulasikan khusus untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk, produk ini tentunya juga sudah teruji dermatologi dan ampuh melindungi selama 8 jam. Enggak cuma melindungi dari gigitan nyamuk, produk ini juga mengandung kombinasi chamomile, eucalyptus, dan citronella yang juga efektif melembapkan kulit bayi agar tidak kering.

Beli di Tokopedia

7. Mama’s Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion

Bermain di luar ruangan kini lebih nyaman dengan losion anti nyamuk ini, sehingga anak bisa bebas bermain tanpa takut digigit nyamuk. Bahan alaminya melindungi kulit sensitif bayi dari nyamuk. Ada juga kandungan lavender oil yang melembapkan kulit bayi dan citronella oil yang aromanya menyegarkan. Produk ini ampuh melindungi hingga 8 jam. Kemasannya juga ramah lingkungan lho, Moms!

Beli di Kalcare

8. My Baby Lotion Telon Plus

Yuk, ajak Si Kecil aktif bermain di luar ruangan tanpa khawatir digigit nyamuk, karena sekarang sudah ada My Baby Lotion Telon Plus, minyak telon plus dalam bentuk losion yang tak hanya menghangatkan tubuh, tapi juga melindungi dari gigitan nyamuk. Losion ini memiliki tekstur creamy dan ringan, sehingga mudah diserap kulit dan enggak lengket. Produk ini tentu sudah teruji klinis dan halal, sehingga aman untuk kulit bayi yang halus dan lembut.

Beli di Tokopedia

9. Yuri Dee Dee Mosquito Repellent Lotion 

Losion anti nyamuk dengan aneka wangi buah yang disukai anak? Produk ini cocok banget, Moms. Losion anti nyamuk ini lembut dan antiiritasi sehingga cocok untuk kulit anak. Daya perlindungannya hingga 6-8 jam, dan bisa diaplikasikan ulang setiap 4 jam untuk perlindungan lebih lama. Tersedia pilihan wangi Orange, Guava, dan Strawberry dalam kemasan tube 50 gram.

Beli di Yurishop

10. Zwitsal Baby Skin Protector Lotion

Melembapkan kulit sekaligus melindungi dari gigitan nyamuk? Moms bisa coba gunakan Zwitsal Baby Skin Protector Lotion. Ini adalah losion yang mengandung citronella oil (minyak sereh), sehingga bisa melembapkan dan melindungi bayi dari gigitan serangga dan nyamuk. Kandungan chamomile extract-nya juga membantu meredakan gatal. Bahan-bahannya alami dan teruji hippoallergenic sehingga aman digunakan untuk kulit bayi yang sensitif.

Beli di Shopee 

(M&B/Tiffany/SW/Foto: Dok. Autan, Bambi Baby, Bebe Roosie, Buds Organics, Caladine, Cussons, Mama's Choice, My Baby, Yuri Dee Dee, Zwitsal)