Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tips Memilih Pompa ASI untuk Dukung Aktivitas Menyusui Si Kecil

Tips Memilih Pompa ASI untuk Dukung Aktivitas Menyusui Si Kecil

Moms, seperti Anda ketahui, menyusui bayi secara langsung atau direct breast feeding merupakan cara terbaik dalam memberikan ASI (air susu ibu) untuk Si Kecil. Tak hanya menjadi ajang untuk membangun bonding antara ibu dan anak saja lewat skin to skin contact ketika menyusu, direct breastfeeding juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Melansir laman Medical News Today, sebuah studi pada tahun 2013 menunjukkan saat direct breastfeeding, air liur anak berinteraksi dengan ASI. Interaksi ini mengirimkan pesan ke otak ibu tentang apa yang dibutuhkan bayi. Interaksi antara ibu yang menyusui dan bayi ini akan memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan, serta antibodi yang dapat melindungi Si Kecil dari infeksi.

Meski direct breastfeeding sudah tak perlu diragukan lagi manfaatnya, namun tak dimungkiri saat menyusui Si Kecil, Moms mungkin menghadapi kondisi di mana Anda tetap ingin memberikan ASI kepada Si Kecil meski Anda sedang tidak bersamanya.

Bila hal tersebut yang Anda alami, memerah ASI bisa menjadi salah satu solusi untuk memastikan Si Kecil tetap bisa mendapatkan ASI, yang merupakan cairan penuh nutrisi yang dibutuhkan bayi, terutama pada 6 bulan kehidupan Si Kecil.

Untuk membantu proses memerah ASI, Moms bisa menggunakan alat bantu pemerah ASI seperti pompa ASI. Penggunaan pompa ASI tidak hanya mempermudah Anda saat memerah ASI, namun juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI Anda. Nah, saat Moms memilih pompa ASI, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Sesuaikan jenis pompa ASI dengan kebutuhan Anda

Ada dua jenis pompa ASI yang bisa Anda pilih, yaitu pompa ASI manual dan elektrik. Pompa ASI manual dioperasikan menggunakan bantuan tangan, sedangkan pompa ASI elektrik bekerja dengan bantuan listrik atau baterai.

Selain itu, Moms juga perlu mempertimbangkan apakah Anda ingin memilih pompa dengan single pump yang memiliki satu corong saja atau double pump dengan dua corong yang membuat aktivitas memompa ASI lebih cepat. Masing-masing dari pompa ASI tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan Anda ya, Moms.

2. Sesuaikan dengan anggaran

Salah satu keunggulan dari pompa ASI manual adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan pompa ASI elektrik. Namun pompa ASI elektrik memang didesain dengan segala fitur yang memudahkan para ibu saat memerah ASI, maka tak heran bila Anda memang perlu menyiapkan anggaran yang lebih jika ingin memiliki pompa ASI elektrik.

3. Pilih pompa ASI yang memiliki isapan lembut

Pastikan Anda memilih pompa ASI yang memiliki kemampuan daya isap kuat namun lembut. Daya isap yang kuat memungkinkan Anda untuk mengosongkan payudara sehingga membuat payudara Anda terasa penuh. Sedangkan daya isap yang lembut tentu membuat proses memerah ASI bisa lebih nyaman.

4. Memiliki bentuk yang ringkas dan ringan

Saat Anda harus bepergian atau bekerja tetapi ingin tetap bisa memberikan ASI untuk Si Kecil, maka pastikan Anda memiliki pompa ASI dengan bentuk yang ringkas dan ringan sehingga memudahkan Anda untuk membawanya.

5. Pilih brand pompa ASI yang sudah dikenal kualitasnya

Dengan memilih brand pompa ASI yang sudah dikenal kualitasnya, tentu Moms sudah tidak khawatir lagi soal kegunaan dan keamanan produk tersebut. Brand ternama yang mementingkan kualitas produknya diharapkan juga memiliki kredibilitas medis, praktik bisnis yang baik, dan membuat produk yang memiliki dampak sosial yang baik pula.

Pigeon GoMini Electric Breast Pump, beri kemudahan bagi ibu menyusui

Untuk mendukung aktivitas menyusui Si Kecil dan memudahkan Anda saat memerah ASI, pastikan Moms memilih Pigeon GoMini Electric Breast Pump. Pompa ASI satu ini tidak hanya memiliki bentuk yang elegan, tetapi juga mempunyai fitur yang oke banget.

Pigeon GoMini Electric Breast Pump memiliki isapan yang lembut dan nyaman. Selain itu, produk ini juga memiliki dua mode pengisapan, yaitu stimulasi dan 5 level pemerahan.

Pigeon GoMini Electric Breast Pump juga ringkas dan ringan, mudah digunakan, dan dapat dioperasikan menggunakan powerbank. Dengan keunggulan tersebut, tentunya pompa ASI satu ini praktis saat dibawa bepergian.

Satu lagi yang tak kalah pentingnya, Pigeon GoMini Electric Breast Pump ini juga bisa digunakan saat Moms tidak bisa melakukan direct breastfeeding.

Wah, tentunya Moms tidak ragu lagi dong, memilih Pigeon GoMini Electric Breast Pump, karena pompa ASI satu ini membuat rutinitas menyusui Anda lebih mudah dan lebih berkelanjutan. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Yanalya/Freepik)