Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Fakta-fakta Menarik Film Ketika Berhenti di Sini, Ajarkan Tentang Keikhlasan

Fakta-fakta Menarik Film Ketika Berhenti di Sini, Ajarkan Tentang Keikhlasan

Moms, sudah nonton film Ketika Berhenti di Sini yang sedang tayang di bioskop? Film yang disutradarai Umay Shahab ini menarik perhatian penonton dengan mengangkat tema mental illness dan kehilangan.

Dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Bryan Domani, Refal Hady, dan bintang ternama lainnya, film produksi kolaborasi Sinemaku Pictures dengan Legacy Pictures ini bahkan sukses mengumpulkan 1,3 juta penonton sejak penayangan perdananya pada 27 Juli 2023.

Sinopsis Ketika Berhenti di Sini

Film Ketika Berhenti di Sini bercerita tentang perempuan muda bernama Dita (Prilly Latuconsina) yang berprofesi sebagai desainer grafis. Suatu kali, ia tak sengaja bertemu dengan seorang arsitek bernama Ed (Bryan Domani).

Meski diawali dengan banyak kesalahpahaman, pertemuan Dita dan Ed kemudian berlangsung hangat. Mereka pun memulai kisah cinta bersama. Hubungan romantis mereka berlangsung bertahun-tahun.

Memasuki tahun keempat, Dita merasa hubungannya dengan Ed tidak ada perubahan. Di sisi lain, Dita yang sedang berjuang meraih mimpinya pun merasa minder dan tidak percaya diri. Saat itu Ed sudah mapan dengan perusahaan arsitek miliknya sendiri.

Tanpa disadari, Dita mulai menuntut Ed agar menjadi seperti yang dia inginkan. Ed pun menanggapi dan menuruti permintaan Dita dengan sabar. Suatu hari, Dita meneror Ed dengan rentetan telepon yang berujung membuat Ed mengalami kecelakaan dan kehilangan nyawanya.

Selama bertahun-tahun, Dita terus dibayangi rasa bersalah dan kesedihan mendalam akibat kepergian Ed. Namun 2 tahun setelah itu, Ifan (Refal Hady) yang merupakan sahabat kecil Dita, menjadi pendamping hidupnya dan bersama-sama mencari kebahagiaan baru. Tapi, ketika Dita mulai menerima kenyataan, sebuah kejutan justru datang dari masa lalu Ed.

Fakta Menarik Ketika Berhenti di Sini

Ada beberapa fakta menarik seputar film Ketika Berhenti di Sini yang perlu Moms tahu, yakni:

1. Tembus 1,3 juta penonton

Sejak awal tayang di bioskop pada tanggal 27 Juli 2023, dalam kurun waktu 2 minggu, film ini sukses mengumpulkan 1,3 juta penonton. Dalam postingannya di Instagram, Umay Shahab menyampaikan “Love u all” sebagai bentuk terima kasih atas antusiasme penonton. Film ini pun masuk deretan film terlaris di tahun 2023.

2. Hadirkan pemain Mencuri Raden Saleh

Film ini membuat penonton terkejut atas hadirnya para pemain Mencuri Raden Saleh di pertengahan film. Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, dan Umay Shahab hadir sebagai cameo dalam film tersebut. Umay Shahab mengatakan kehadirannya dan teman-temannya di film ini memang salah satu kejutan untuk penonton.

3. Proyek kolaborasi kedua Umay dan Prilly

Setelah berhasil dengan film Ku Kira Kau Rumah yang tayang pada tahun 2022 lalu dan menjadi film terlaris di masa pandemi, Umay Shahab dan Prilly Latuconsina kembali meramaikan ranah sinema Indonesia dengan film Ketika Berhenti Di Sini.

4. Soundtrack diisi oleh musisi lokal

Umay Shahab memang sering kali menarik musisi lokal Indie untuk beberapa soundtrack proyeknya. Begitu pun dengan film Ketika Berhenti di Sini yang melibatkan beberapa musisi muda berbakat dari berbagai kota. Setidaknya ada 6 musisi yang terlibat, termasuk Umay Shahab sendiri. Mereka adalah Nadin Amizah, Coldiac, Efek Rumah Kaca, Boodles, hingga TATE.

5. Mengajarkan tentang keikhlasan

Ketika menonton film ini, penonton akan mendapatkan pesan yang menyentuh hati, tentang kekuatan, ketulusan, dan keikhlasan. Kekuatan yang ditampilkan dalam film ini adalah bagaimana perjuangan bertahan dengan rasa bersalah yang terus ada dalam pikiran atas kehilangan seseorang yang berharga dalam hidup.

Sementara ketulusan dalam film ini digambarkan dengan kesabaran seorang laki-laki yang tetap setia kepada satu wanita walaupun ia tahu bahwa wanita itu masih larut dalam masa lalunya, sehingga ia tidak memaksakan kehendaknya kepada wanita tersebut.

Yang paling utama dimunculkan sebagai pesan dalam film ini adalah keikhlasan. Untuk sebagian orang, merelakan sesuatu yang ada dan berharga dalam hidup memang berat. Namun, film ini mengajarkan bagaimana berdamai dengan diri sendiri dan menerima takdir yang telah terjadi.

Itulah beberapa fakta menarik yang ada di film Ketika Berhenti di Sini. Buat Moms yang belum nonton, jangan sampai ketinggalan! (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Dok. Sinemaku Pictures)