Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Obat Cacing yang Ampuh untuk Anak

Rekomendasi Obat Cacing yang Ampuh untuk Anak

Cacingan termasuk salah satu masalah kesehatan yang cukup sering terjadi pada anak-anak. Sebagai orang tua, Moms tentunya perlu menyiapkan obat cacing di rumah. Nah, obat cacing apa saja yang bisa diberikan kepada Si Kecil?

Perlu diketahui, cacingan merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk adanya infeksi cacing di dalam tubuh manusia. Cacing tersebut menginfeksi bagian usus sehingga memicu sederet gejala.

Baca juga: Tanda-tanda Anak Cacingan, Kenali dan Waspadai, Moms!

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Hanya saja, anak-anak lebih sering terkena cacingan karena biasanya mereka belum terlalu sadar untuk menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh mereka pun belum sempurna.

Jika Si Kecil menunjukkan gejala cacingan, ada beberapa obat yang bisa Moms berikan, yaitu:

1. Combantrin Sirup

combantrin

Hadir dengan rasa jeruk, Combantrin Sirup merupakan obat cacing yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi cacing kremi (Enterobius vermicularis), cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing tambang (jenis Ancylostoma duodenale dan jenis Necator americanus), cacing Trichostrongyfus colubriformis, serta Trichostrongylus orientalls.

Obat ini mengandung zat aktif pirantel pamoat yang bekerja dengan cara melumpuhkan cacing dan mengeluarkannya dari dalam tubuh melalui tinja, biasanya tanpa memerlukan pencahar. Meski aman dikonsumsi anak-anak mulai usia 2 tahun, Moms disarankan untuk tidak memberikan obat ini kepada Si Kecil yang memiliki gangguan hati serta hipersensitif.

Beli di Shopee

2. Konvermex 125 mg

konvermex

Untuk Si Kecil, Konvermex hadir dalam bentuk sirup dengan rasa jeruk. Konvermex mengandung pirantel pamoat 125 mg yang digunakan sebagai antemintik atau obat cacing. Obat ini bisa digunakan untuk membasmi cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang.

Oh ya, selain dalam bentuk sirup, Konvermex juga hadir dalam bentuk tablet. Tapi jangan salah pilih ya, Moms. Untuk Si Kecil, gunakan Konvermex 125 mg, jangan yang 250 mg!

Beli di K24Klik.com

3. Upixon Suspension

upixon

Upixon juga bisa digunakan untuk mengatasi serangan cacing kremi, cacing tambang, cacing gelang, dan cacing cambuk. Obat ini mengandung zat aktif pirantel pamoat, yaitu golongan obat yang dapat mematikan atau melumpuhkan cacing di dalam usus manusia dengan mendepolarisasi senyawa penghambat neuromuskuler cacing dan mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa pencahar.

Beli di K24Klik.com

4. Vermoran Mebendazole 500 mg

vermoran

Dengan kandungan mebendazole 500 mg, Vermoran bisa digunakan untuk Si Kecil yang mengalami cacingan akibat cacing gelang, cacing cambuk, cacing kremi, cacing tambang, dan infeksi campuran cacing tersebut.

Obat ini bekerja dengan menghambat ambilan glukosa secara irreversible sehingga terjadi pengosongan (depresi) glikogen pada cacing. Lantas cacing akan mati secara perlahan-lahan dan keluar dari tubuh dalam keadaan hancur. Namun Moms, jangan berikan obat ini kepada Si Kecil yang berusia di bawah 5 tahun, ya.

Beli di Tokopedia

5. Compyrantel 250 mg

compyrantel

Seperti kebanyakan obat cacing, Compyrantel juga mengandung zat aktif pirantel pamoat, hanya saja dosisnya 250 mg. Obat ini efektif mengatasi masalah cacingan yang disebabkan oleh cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Compyrantel tidak boleh diberikan kepada anak berusia di bawah 2 tahun, ibu hamil, dan penderita gangguan hati.

Beli di Tokopedia

6. Askamex 25 mg

askamex

Askamex merupakan obat cacing dengan kandungan levamisole HCI 25 mg untuk menangani permasalahan askatriasis atau akislostomiasis. Obat ini bisa digunakan untuk memberantas cacing gelang dan cacing tambang. Askamex bisa dikomsumsi oleh anak sejak usia 1 tahun. Namun, tetap baca ketentuan penggunaannya ya, Moms.

Beli di Shopee

(M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, K24Klik.com, Shopee, Tokopedia)