Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Salep Luka Bakar yang Ampuh dan Aman

Rekomendasi Salep Luka Bakar yang Ampuh dan Aman

Sedang asyik memasak, tiba-tiba tangan terkena wajan panas yang menyebabkan luka bakar? Duh, kecelakaan seperti ini memang terkadang sulit dihindari ya, Moms. Mengatasinya pun tidak boleh sembarangan, yang pasti tidak boleh dioleskan pasta gigi seperti mitos yang banyak beredar, ya.

Mengatasi luka bakar harus disesuaikan dengan derajatnya, karena luka bakar memiliki 3 derajat atau tingkat keparahan. Untuk kasus ringan seperti tidak sengaja memegang wajan panas atau memegang air mendidih, umumnya hanya menyebabkan luka bakar derajat 1 (hanya menyebabkan kerusakan di lapisan luar kulit). Derajat 2 sudah menyebabkan kerusakan di lapisan kulit yang lebih dalam (dermis), dan derajat 3 kerusakannya sudah mencapai lapisan lemak, merusak saraf juga pembuluh darah.

Nah, untuk mengatasi kasus ringan seperti luka bakar derajat 1, Moms bisa menggunakan salep luka bakar yang banyak dijual di pasaran. Bingung memilih salep luka bakar berkualitas? Simak rekomendasi M&B berikut ini, yuk!

1. Betadine Antiseptic Ointment


Merek Betadine sudah lekat dengan keampuhannya mengatasi luka ya, Moms. Untuk luka bakar, Moms bisa gunakan Betadine Antiseptic Ointment agar tidak terjadi infeksi bakteri atau jamur. Dengan kandungan povidone iodine, produk ini juga tepat digunakan untuk mengatasi luka sayat, luka garukan, dan lecet.

Kisaran harga: Rp20.000(10 gram)

Beli di Watsons

2. Bioplacenton


Ini mungkin salep antibiotik topikal yang paling legendaris dalam mengatasi luka bakar. Bioplacenton mengandung placenta extract dan neomycin sulfate yang ampuh meringankan luka bakar dan mencegah infeksi. Kandungan tersebut merangsang pertumbuhan jaringan baru juga lho, Moms. Anda cukup mengoleskannya tipis-tipis sekitar 4-6 kali sehari.

Kisaran harga: Rp30.000 (15 gram)

Beli di K24 Klik

3. HDI Bee Botanics


Krim lembut ini membantu mempercepat penyembuhan luka secara alami dengan kandungan ekstrak propolis, ekstrak madu, dan ekstrak pegaga. Kandungan aloe vera pada HDI Bee Botanics Aloe Propolis Cream ini mengobati luka bakar dan menyejukkan kulit yang teriritasi. Produk ini juga ampuh untuk meredakan iritasi kulit, menyembuhkan luka, mengurangi kulit kemerahan, dan mengurangi gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Kisaran harga: Rp97.500 (36 gram)

Beli di Tokopedia 

4. Bioderm Cream


Salah satu yang ditakutkan dari luka bakar adalah infeksi bakteri. Pada salep Bioderm ini, terdapat kandungan gentamicin sulfate yang digunakan sebagai pembunuh bakteri agar tidak menyebabkan infeksi. Cocok digunakan untuk meringankan luka bakar, pengobatan jerawat, bisul, luka terinfeksi, dan luka tahunan.

Kisaran harga: Rp23.000 (5 gram)

Beli di Tokopedia  

5. Bioskin Gel


Produk ini mengandung tea tree oil, centellae herba extract, dan aloe vera yang memberikan rasa dingin pada luka bakar ringan. Salep ini sangat tepat untuk membantu meringankan luka bakar, tersiram air panas, tersengat sinar matahari, gatal-gatal, atau gigitan serangga. Cara pakainya mudah, cukup oleskan di area kulit yang bermasalah dan ulangi 4-5 kali sehari.

Kisaran harga: Rp30.000 (60 gram)

Beli di Apotik Century

6. Myrhax


Produk ini membantu membersihkan luka dari nanah dan darah kotor serta memulihkan kembali jaringan otot dan pembuluh darah yang rusak akibat luka bakar. Selain untuk meringankan luka bakar, Myrhax juga membantu mengatasi infeksi luka kulit, eksim, bisul, ulcer, atau bahkan luka menahun akibat diabetes.

Kisaran harga: Rp22.000 (20 gram)

Beli di Tokopedia

7. Neocenta


Salep luka luar ini mengandung neomysin sulfate dan novine placenta extract yang tak sekadar meringankan luka bakar, tapi juga merangsang pertumbuhan jaringan baru. Sangat tepat untuk mengatasi luka bakar dan juga bisa meringankan luka menahun atau luka kronis, eksim, serta luka decubitus.

Kisaran harga: Rp18.500 (15 gram)

Beli di Tokopedia

(Tiffany/SW/Dok. Freepik, Betadine, Bioplacenton, Bioskin, Bioderm, HDI, Myrhax, Neocenta)