Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rekomendasi Serum Bakuchiol Lokal, Alternatif Retinol untuk Bumil

Rekomendasi Serum Bakuchiol Lokal, Alternatif Retinol untuk Bumil

Moms tentu pernah mendengar tentang retinol, kan? Ya, beberapa bulan belakangan ini, retinol memang menjadi kandungan yang dipuja-puja dan banyak diandalkan untuk perawatan kulit, khususnya untuk anti-aging. Retinol pun digadang-gadang bisa memperbaiki tekstur kulit serta mengatasi jerawat.

Sebagai pencinta skin care, saya pun tentunya tak mau ketinggalan mencoba produk dengan kandungan retinol tersebut. Tapi sayangnya, kulit sensitif saya "berteriak" dan bereaksi terhadap kandungan bahan aktif tersebut. Alhasil, setelah 3 kali pemakaian, bukan kulit halus dan kenyal yang saya dapatkan, malahan saya mengalami breakout dan kulit yang mendadak kering di beberapa area wajah.

Ya Moms, berdasarkan testimoni yang beredar, ternyata memang kandungan retinol kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif, bahkan tidak disarankan untuk dipakai oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Lalu, adakah bahan skin care lain yang bisa bekerja sebaik retinol namun lebih ringan lembut di kulit? Jawabannya, ada! Tren kecantikan yang terus berkembang akhirnya mengeluarkan produk anti-aging dengan kandungan bakuchiol yang jauh lebih lembut dan aman karena berasal dari bahan alami.

Baca juga: Mengenal Bakuchiol yang Punya Manfaat Bikin Kulit Awet Muda

Bakuchiol yang merupakan ekstrak tanaman babchi (Psoralea corylifolia) ini sebenarnya bukan pemain baru, lho. Tanaman ini bahkan sudah digunakan masyarakat Cina ini berabad-abad lalu untuk pengobatan tradisional ayurveda.

Sama seperti retinol, bakuchiol juga mampu mengurangi kerutan dan garis halus serta mengembalikan kekencangan dan memperbaiki tekstur kulit wajah. Also a good news, bakuchiol ini juga aman untuk kulit sensitif, ibu hamil, dan ibu menyusui, lho!

Tertarik mencobanya? Tak perlu jauh-jauh ke Cina, brand lokal pun sudah banyak yang mengeluarkan serum bakuchiol. Ini rekomendasinya untuk Anda, Moms.

1. Indoganic Beauty Bakuchiol Intensive Face Oil

Sama seperti produk-produk Indoganic lainnya yang menggunakan clean ingredient dan "to the point", serum dengan bentuk oil ini didominasi oleh oils yang memang berfungsi untuk melembapkan dan menutrisi kulit, antara lain jojoba oil, grapefruit peel oil, orange oil, dan rosa damascena flower oil. Selain pure bakuchiol essential oil 4% sebagai kandungan utama, serum ini juga diperkaya oleh squalane untuk mengunci kelembapan kulit, serta vitamin E sebagai antioksidan.

Meskipun kaya akan minyak, serum ini tergolong dry oil sehingga teksturnya sangat ringan seperti air dan mudah dibaurkan. Produk ini juga bisa jadi solusi untuk Moms yang ingin mencoba face oil namun ragu karena takut terasa "berat" atau menyebabkan clogged pore. Kemampuannya layak mendapat acungan jempol. Jerawat bisa mengempis dalam 3 kali pemakaian, tanpa membuat kulit kering dan mengelupas. Wanginya pun sangat menenangkan, lho!

Harga: Rp129.000 (15 ml)

Beli di Tokopedia

2. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Brand lokal ini tentunya sudah enggak asing lagi ya, untuk para beauty enthusiast. Memiliki range harga yang terjangkau lagi efektif, produk-produk serumnya selalu mendapatkan review positif, tak terkecuali serum bakuchiolnya. Dengan klaim mampu meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit serta mengurangi tanda penuaan, keriput, dan hiperpigmentasi hanya dalam pemakaian 12 minggu, tak heran kalau serum yang satu ini sangat populer.

Selain bakuchiol, serum ini juga dilengkapi oleh kandungan sunflower seed oil untuk mencerahkan kulit, menghaluskan dan membantu produksi kolagen, apple seed oil sebagai anti-aging dan antioksidan, serta tamanu oil yang bersifat antimikroba, antibakteri dan antiinflamasi. Sesuai namanya, tekstur serum ini berupa minyak yang cukup pekat, namun tidak terasa lengket saat dioleskan dan cukup mudah menyerap. Oh ya, selain aman untuk ibu hamil, serum ini juga bisa digunakan oleh remaja mulai usia 11 tahun.

Harga: Rp89.000 (20 ml)

Beli di Somethinc.com

3. Bhumi Bakuchiol Night Oil

Selain produk-produknya yang selalu mengedepankan bahan-bahan natural, saya pribadi sangat mengagumi packaging produk-produk Bhumi saat pertama kali mengenal brand ini. Kemasannya terkesan dipikirkan dengan sangat matang dan mewah. Begitu pun dengan serum bakuchiol mereka yang dikemas dalam botol bernuansa maroon-emas ini.

Untuk teksturnya sendiri, serum bakuchiol milik Bhumi ini cukup thick, namun tidak terasa greasy dan mudah meresap. Mengaplikasikan serum ini sendiri juga bisa menjadi terapi yang menyenangkan, lho. Aroma oriental dan middle east-nya membuat sesi night skin care routine Moms jadi lebih rileks dan spesial. Selain bakuchiol 5% dan PHA 1% sebagai exfoliating agent, serum ini juga diperkaya oleh sea buckthorn oil sebagai booster produksi kolagen agar dapat bekerja maksimal dalam kulit Moms.

Harga: Rp269.000 (30 ml)

Beli di Shopee

4. Bloomka Bakuchiol

Tak mau kalah dengan beauty brand lokal lainnya, Bloomka juga mengeluarkan serum bakuchiol, yaitu Bloomka Bakuchiol + Vitamin B3. Sesuai dengan tagline "Natural Skin Solutions", produk Bloomka yang satu ini juga menggunakan bahan-bahan alami, yang dijamin aman untuk kulit Moms.

Tak seperti serum bakuchiol lainnya yang kebanyakan berwarna bening kekuningan, serum yang merupakan produk best seller Bloomka ini memiliki warna putih susu. Meskipun terlihat kental, ternyata serum ini sangat watery, mudah dibaurkan dan meresap cepat ke dalam kulit. Tak heran sih, kalau serum ini jadi favorit, karena selain fungsinya yang all-in-one (anti-acne, anti-aging, menghidrasi, dan mencerahkan kulit), harganya pun sangat terjangkau.

Harga: Rp103.500 (20 ml)

Beli di Shopee

5. Dear Me Beauty 1% Bakuchiol + Blueberry Extract Face Serum

Awalnya, Dear Me Beauty memang terkenal dengan produk-produk kosmetiknya yang menggemaskan. Tapi, baru-baru ini, mereka juga meluncurkan beberapa face serum juga (dengan packaging yang tentunya menggemaskan!), termasuk serum bakuchiol. Untuk kandungan utamanya, serum ini menggunakan bakuchiol 1% yang berasal dari New Jersey, USA. Pemakaian disarankan dua kali, yaitu pagi dan malam, dengan tambahan sunscreen minimal SPF 30 di layer terakhir untuk penggunaan pagi hari.

Klaimnya, serum ini dipercaya ampuh untuk menyamarkan garis halus dan kerutan, meningkatkan regenerasi sel kulit, mengatasi jerawat, serta meningkatkan skin barrier. Serum dengan tekstur milky ini tersedia dalam 2 ukuran, yaitu 32 ml dan 12 ml. Jadi, untuk Moms yang baru mau mencoba, bisa membeli versi mininya terlebih dahulu, ya!


Harga: Rp159.000 (32 ml) dan Rp89.000 (12 ml)

Beli di Tokopedia

6. Aizen Bakuchiol 10% Ultra Ampoule

Calling bakuchiol enthusiast! Nah, untuk Moms yang sudah cinta banget dengan bakuchiol dan ingin sesuatu yang lebih advance, Anda bisa mencoba serum yang satu ini! Tak hanya 1, 2, atau 5%, tidak tanggung-tanggung, Aizen mengeluarkan ampoule dengan kandungan bakuchiol sebesar 10%.

Dengan kandungan sebesar ini, produk ini bisa membantu mengatasi permasalahan tanda-tanda penuaan dini, hiperpigmentasi, jerawat, hingga memperbaiki tekstur kulit, hanya dalam waktu 4 minggu! Aizen Bakuchiol 10% Ultra Ampoule juga diperkaya oleh Ceramide-3, untuk melembapkan kulit sekaligus mencegah lapisan kulit kehilangan air akibat iritasi.



Harga: Rp139.000 (20 ml)

Beli di Tokopedia

(Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)