Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tip Satu Jam Pertama Berada di Kantor

Tip Satu Jam Pertama Berada di Kantor

Follow Mother & Beyond untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Instagram @motherandbeyond_id dan Youtube Mother & Beyond

Orang-orang sukses, seperti penemu Tumbler David Karp, motivator Tonny Robbins, career writer Brian Tracy, dan penulis buku Eat That Frog!, serta CEO Apple Steve Jobs memiliki trik tersendiri dalam menggunakan waktu 1 jam pertama mereka. Trik itulah yang kemudian mengantar mereka meraih kesuksesan luar biasa dalam berkarir. Apa saja triknya?

 

Bersyukur
Ada sebuah pertanyaan sederhana yang sering dilontarkan banyak orang-- bagaimana cara orang sukses memulai hari mereka? Tony Robbins mengatakan seseorang yang sukses pasti akan memulai harinya dengan bersyukur. Anda pun bisa melakukannya dengan menciptakan suasana tenang selama 10 menit dan pikirkanlah hal-hal yang membuat Anda bisa bersyukur. Mulai dari keberadaan diri Anda sendiri, keluarga dan teman-teman, pencapaian karir, dan sebagainya. Semua itu akan membuat Anda lebih bersemangat untuk terus melakukan yang terbaik.

 

Tidak Mengecek E-mail
David Krap mengaku berusaha keras untuk tidak mengecek e-mail sebelum pukul 09.30-10.00. “Membaca e-mail saat masih berada di rumah, sangatlah tidak produktif dan merusak fokus. Kalau ada urusan penting, seseorang kan bisa langsung menelepon saya,” ujar David. Daripada melakukan itu, lebih baik Anda langsung bersiap-siap untuk berangkat ke kantor atau membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Hal itu akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan semua prioritas pekerjaan, sehingga waktu bekerja pun terpakai secara efektif.

 

Tentukan Tujuan, Singkirkan Gangguan
Sebelum melakukan suatu pekerjaan, tanyakan terlebih dahulu pada diri Anda tentang konsekuensi apa saja yang mungkin terjadi, jika Anda menyelesaikan atau tidak menyelesaikan pekerjaan tersebut. Menurut Brian Tracy, hal itu penting untuk diketahui, agar Anda juga bisa menemukan tujuan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut dan memahami pengaruhnya terhadap masa depan. Selain itu, Anda juga harus siap menyingkirkan segala gangguan yang mungkin dapat mengganggu kinerja, seperti rencana makan siang di luar yang menghabiskan waktu lama.

 

Harus Yakin
Melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai tentunya tidak akan menghasilkan apa-apa, baik untuk saat ini maupun beberapa tahun ke depan. Untuk menghindari hal itu terjadi pada dirinya, Steve Jobs memiliki ritual khusus setiap pagi sebelum memulai pekerjaannya. “Waktu berusia 17 tahun, saya membaca quote yang bunyinya, 'Hiduplah seolah-olah ini hari terakhirmu, agar kamu selalu ingin melakukan yang terbaik'. Quote tersebut sangat melekat dalam diri saya, setidaknya selama 33 tahun setelahnya. Setiap pagi sebelum melakukan sesuatu, saya selalu berdiri di depan kaca dan bertanya pada diri sendiri, 'Jika ini adalah hari terakhir saya hidup di dunia, apakah saya benar-benar yakin ingin melakukan pekerjaan yang harus dilakukan hari ini?' Apabila saya ragu dan menemukan banyak kata “tidak” terhadap hal tersebut, maka saya akan menggantinya dengan rencana lain,” tegasnya. (Dina/DMO/Dok.Freedigitalphotos)