Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bolehkah Ceramide Digunakan untuk Kulit Berminyak?

Bolehkah Ceramide Digunakan untuk Kulit Berminyak?

Pernah menemukan kata "ceramide" dalam kandungan skincare yang Anda gunakan, Moms? Nah, apakah Anda tahu apa itu ceramide, manfaatnya, dan bahkan efek sampingnya?

Ceramide sendiri biasanya ada bersamaan dengan kandungan hyaluronic acid dan tentunya dalam produk skincare dengan manfaat melembapkan dan memperbaiki skin barrier. Terus, bisa enggak ya ceramide digunakan untuk kulit berminyak? Nah, untuk mengenal lebih lanjut tentang ceramide, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu ceramide?

Ceramide merupakan salah satu jenis asam lemak yang secara alami diproduksi dalam sel kulit dan membentuk sekitar 50% dari lapisan terluar kulit (epidermis). Meskipun diproduksi oleh tubuh, jumlah dan kualitas ceramide pada kulit bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Jika kadar ceramide berkurang, maka kulit akan menjadi kering, mengalami dehidrasi, sensitif, dan masalah kulit lainnya.

Faktor-faktor seperti penuaan, paparan sinar matahari berlebihan, dan polusi udara juga bisa mempercepat penurunan ceramide. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan ceramide dalam kulit, Moms disarankan untuk menggunakan produk skincare seperti toner, serum, dan moisturizer yang mengandung ceramide.

Menurut Debra Jaliman, MD, ahli dermatologi, seperti dikutip dari Byrdie, ada 9 jenis ceramide berbeda yang ditemukan di kulit, dan perbedaannya didasarkan pada berapa panjang rantai karbonnya.

Namun, meskipun struktur ceramide mungkin berbeda, fungsinya hampir sama, sehingga dalam produk skincare pun ceramide bisa muncul dengan berbagai nama, misalnya ceramide AP, ceramide EOP, atau ceramide NP.

Manfaat ceramide

Ceramide punya peran penting dalam melindungi kulit. Berikut 7 manfaat cerimide yang perlu Moms tahu.

1. Memperbaiki skin barrier. Hilangnya ceramide, baik karena penuaan, exfoliasi yang berlebihan, atau terpapar sinar UV, menyebabkan kerusakan pada skin barrier dan memungkinkan bakteri masuk melalui celah kecil dan menyebabkan gangguan. Menggunakan kandungan ceramide mampu memperbaiki skin barrier kulit Anda.

2. Mengunci kelembapan. Manfaat ceramide selanjutnya adalah mengunci kelembapan kulit. Skin barrier yang sehat dapat mengunci kelembapan dan mencegah terjadinya kehilangan air yang bisa menyebabkan kulit dehidrasi.

3. Membuat kulit lebih toleran terhadap bahan aktif. Ceramide juga mampu melindungi kulit dari active ingredients yang kita pakai agar terhindar dari iritasi.

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan. Penipisan dan penuaan kulit tidak hanya disebabkan oleh hilangnya atau rusaknya kolagen dan elastin, tetapi juga disebabkan oleh faktor sinar UV dan polusi. Menggunakan ceramide bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

5. Membantu mengatasi peradangan kulit. Ketika skin barrier tidak berfungsi dengan baik, kulit bisa mengalami dehidrasi. Hal ini membuat kulit jadi kering dan mengalami peradangan, seperti eksim, rosacea, jerawat, dan psoriasis. Ceramide bisa membantu mengatasi peradangan kulit tersebut.

6. Melembutkan dan menghaluskan kulit. Memperbaiki skin barrier dengan ceramide dapat membuat kulit jadi lembut dan halus.

7. Mengurangi kemerahan. Jika Anda memiliki kulit yang meradang atau berjerawat, ceramide akan membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan. Ini mungkin bermanfaat bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, rosacea, jerawat, atau kulit kemerahan.

Cara penggunaan ceramide

Sebagai salah satu kandungan yang bermanfaat untuk melembapkan kulit, ceramide dapat bekerja paling baik bila digunakan langsung setelah mandi untuk mengunci kelembapan. Selain itu, Moms juga direkomendasikan untuk menggunakan kandungan ceramide sebelum tidur, agar kelembapan kulit saat tidur terjaga. Gunakan ceramide dua kali sehari di rutinitas skincare pagi dan malam Anda, Moms.

Efek samping ceramide

Ceramide diketahui tidak memiliki efek samping. Namun, Anda bisa menghindari reaksi alergi dan sensitivitas produk dengan mengujinya terlebih dahulu. Cara untuk mengujinya sangat mudah. Oleskan sedikit produk ke belakang telinga dan tunggu hingga 24 jam. Jika Anda mulai mengalami kemerahan, gatal, atau iritasi di area lain, cuci area yang terkena produk dan hentikan penggunaannya.

Apakah ceramide cocok untuk kulit berminyak?

Setelah mengenal ceramide lebih dalam, Moms tentunya sudah bisa menyimpulkan kalau ceramide bisa digunakan untuk segala jenis kulit, termasuk untuk kulit berminyak. Jadi, buat Moms yang memiliki kulit berminyak dengan permasalahan kulit seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakan skincare dengan kandungan ceramide, ya. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)