Type Keyword(s) to Search
TOODLER

Aman Dikonsumsi dan Bantu Lindungi Anak dari Efek Cuaca Ekstrem, Ini Suplemen yang Sudah Kantongi Izin BPOM

Aman Dikonsumsi dan Bantu Lindungi Anak dari Efek Cuaca Ekstrem, Ini Suplemen yang Sudah Kantongi Izin BPOM

Fenomena cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini melanda tanah air tentunya berdampak terhadap kesehatan publik, khususnya anak-anak dengan fisik yang lebih rentan, Moms. Pasalnya, risiko imunitas anak jadi menurun dan merebaknya virus pun jadi meningkat.

Akibatnya, suplemen yang tepat semakin dibutuhkan anak. Kabar baiknya: Egoji Syrup menjadi salah satu produk sirup yang telah memperoleh izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk kembali dijual kepada publik. Ini berarti Egoji Syrup aman untuk dikonsumsi, Moms.

Tahun lalu, Indonesia diguncang penemuan ratusan kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak. Penyebabnya, anak-anak mengonsumsi obat sirup batuk dengan kandungan kimia melebihi batas wajar. Kabar tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi banyak keluarga Indonesia.

Menurut surat nomor B-PW.02.04.4.43.01.23.09 yang disahkan pada 1 Januari 2023, BPOM telah memverifikasi Egoji Syrup "dalam rangka melindungi masyarakat dari potensi risiko cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol pada produk Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan yang menggunakan bahan tambahan atau pelarut Polietilen Glikol, Propilen Glikol, Sorbitol, Gliserin atau Gliserol, serta sebagai upaya memastikan obat tradisional dan suplemen kesehatan telah diproduksi sesuai dengan standar dan persyaratan yang telah ditetapkan".

Hadir dengan rasa anggur dan apple berry, Egoji Syrup merupakan suplemen yang mengandung multivitamin terpadu guna membantu memelihara sistem imun anak. Selain itu, Egoji Syrup bisa dikonsumsi saat sakit, padat beraktivitas, rutin keluar rumah, serta proses pemulihan usai tidak fit. Dapat dikonsumsi anak mulai usia 2 tahun, produk sirup ini memiliki kandungan herbal yang bermanfaat buat tubuh.

Egoji Syrup memiliki ekstrak goji berry dan black elderberry sebagai antioksidan ganda untuk meningkatkan imunitas serta Echinacea purpurea dan meniran yang menormalisasi respons imun. Produk ini mengandung total 4 ekstrak herbal dan memiliki beragam kegunaan sebagai berikut:

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh (echinacea, meniran, goji berry, dan black elderberry)
  • Mempercepat proses penyembuhan dari sakit (echinacea, meniran, goji berry, dan black elderberry)
  • Menjaga imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit (echinacea, meniran, goji berry, dan black elderberry)
  • Melindungi fungsi hati (meniran dan goji berry)
  • Sumber antioksidan tinggi (goji berry dan black elderberry)

Menggali lebih dalam, keempat ekstrak herbal tersebut memiliki kandungan yang saling melengkapi khasiat satu sama lain. Komposisi pertama adalah goji berry yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, zeaxanthin, selenium, kalium, zinc, dan tembaga. Selain itu, goji berry juga mengandung antioksidan tinggi yang spesifik (Lycium barbarum polysaccharides) yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Komposisi kedua yaitu echinacea, tanaman asli Amerika Utara yang umum digunakan untuk terapi pengobatan. Tumbuhan ini memiliki beragam fungsi seperti menurunkan kadar gula darah, mengobati flu, memelihara daya tahan tubuh, antiradang, serta mencegah penyebaran kanker.

Elemen ketiga yakni meniran merupakan jenis daun yang banyak ditemukan di kawasan tropis Asia dan kerap digunakan sebagai pengobatan alternatif di beragam daerah. Manfaat-manfaatnya tidak kalah besar, di antaranya mencegah peradangan dan virus, mengandung antioksidan tinggi, menurunkan level gula darah, memiliki efek diuretik alami, dan mencegah kanker.

Black elderberry merupakan kandungan terakhir Egoji Syrup, yang juga telah lama digunakan para penduduk asli di Amerika dan Eropa karena fungsi kesehatannya. Buah ini bermanfaat untuk melawan pilek dan batuk, membantu melawan masalah kulit, menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung, serta meningkatkan imunitas.

Menurut dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dokter spesialis anak konsultan di RSIA Brawijaya Antasari di Jakarta, suplemen bisa membantu meningkatkan daya tubuh anak. Fisik anak lebih sensitif terhadap virus dibandingkan orang dewasa, terutama di era kegiatan belajar mengajar secara offline yang kembali digelar.

Akan tetapi, dr. Attila menekankan pentingnya memilih suplemen dengan komposisi lengkap.

“Kita harus memilih suplemen yang lengkap. Jangan sampai kita beli macam-macam suplemen. Ingat, anak-anak itu terkadang susah disuruh minum obat, jadi kita pilih satu tapi kandungannya sudah lengkap,” ujar dr. Attila.

"Pilih yang bahan dasarnya alami. Bahan dasar yang alami lebih aman buat Si Kecil dan boleh diminum terus-menerus bila diperlukan," tambahnya.

Suplemen-suplemen sirup yang telah mendapatkan rekomendasi BPOM dapat diperoleh di apotek-apotek terkemuka di seluruh Indonesia dan secara daring melalui toko resmi di berbagai marketplace. (M&B/SW/Foto: Tirachardz/Freepik, Egoji Syrup)