Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Seks Lebih Bergairah saat Anda Hamil, Ini Penjelasannya, Moms

Seks Lebih Bergairah saat Anda Hamil, Ini Penjelasannya, Moms

Saat hamil, Anda jadi sering merasa bergairah. Sebenarnya, normalkah hal ini dialami oleh wanita hamil? Jawabannya, ya. Hal tersebut mungkin terdengar agak janggal, namun bukan berarti tidak masuk akal lho, Moms!

Memang banyak wanita hamil yang kehilangan gairah seksualnya selama menjalani masa kehamilan karena mereka kerap mengalami berbagai masalah dan gangguan hamil, seperti sering mual dan muntah, nyeri pada payudara, merasa kelelahan, serta perubahan hormon yang sedang dialami.

Meskipun begitu, banyak juga wanita yang tengah mengandung merasakan hal yang sebaliknya. Seks dirasakan jadi lebih bergairah saat mereka tengah hamil. Pertanyaannya, kenapa bisa begitu?

Baca juga: Pertanyaan yang Sering Muncul Soal Seks di Masa Kehamilan

Kenapa hasrat seksual bisa meningkat saat hamil?

Bukan tanpa dasar, kenaikan hasrat seksual atau libido terjadi secara biologis pada tubuh Anda. Melansir Romper.com, wanita yang sedang mengandung akan mengalami peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah dan sekresi di vagina.

Kondisi ini disebut dengan Chadwick's Sign, yakni pembengkakan saluran vagina dan klitoris, yang dikombinasikan dengan peningkatan pelumas. Dengan begitu, maka jangan heran Moms, jika Anda akan lebih mudah mencapai orgasme.

Kapan waktu yang tepat?

Umumnya, ibu hamil akan kehilangan selera untuk bercinta di trimester pertama, karena pada masa ini Moms sering kali diserang oleh rasa mual, nyeri payudara, mudah merasa lelah, serta adanya perubahan hormon yang terjadi.

Nah, barulah pada trimester kedua, seks akan lebih menarik dan berpotensi lebih memuaskan bagi Anda wanita hamil. Terlebih lagi, sebagian besar wanita masih merasa cukup nyaman selama di trimester kedua karena perut mereka belum terlalu besar.

Ya, biasanya hasrat untuk berhubungan seks bisa melonjak di trimester dua. Bahkan kesempatan Anda untuk mendapatkan orgasme ganda pun akan meningkat saat seks di trimester dua lho, Moms!

Baca juga: 7 Trik Berhubungan Intim saat Hamil

Seks aman saat hamil

Tak perlu khawatir Moms, karena pada dasarnya seks selama kehamilan umumnya aman untuk dilakukan jika Anda tidak mengalami kondisi kehamilan khusus atau riskan. Seks saat hamil juga sangat ideal untuk memuaskan hasrat seksual Anda dan membuat Anda lebih rileks menghadapi kehamilan. Tak hanya itu, seks saat hamil juga dapat meningkatkan keintiman dengan pasangan Anda sebelum memasuki dunia baru menjadi orang tua.

Namun perlu diingat, saat melakukan hubungan seksual di masa kehamilan, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah kenyamanan antara pasangan secara fisik dan posisi yang nyaman untuk dilakukan.

Baca juga: 20 Hal yang Perlu Diketahui tentang Seks saat Hamil

Jadi, jika Anda kini sedang hamil dan merasa lebih bergairah daripada sebelumnya serta tidak memiliki komplikasi kehamilan, maka Anda harus menikmati masa-masa ini bersama pasangan ya, Moms! (Binar MP/SW/Dok. Freepik)