Type Keyword(s) to Search
BABY

Moms, Ini Alasan Si Kecil Perlu Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Moms, Ini Alasan Si Kecil Perlu Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Moms, pastinya sudah tahu dong, pentingnya peran tidur dalam siklus kehidupan manusia. Bukan hanya untuk orang dewasa, bayi pun perlu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Seperti dilansir dari situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tidur memiliki peran ganda buat bayi. Selain memberikan kesempatan Si Kecil untuk mengistirahatkan tubuhnya, tidur juga meningkatkan proses metabolisme, yaitu proses pengolahan pangan menjadi energi yang dibutuhkan.

Pada fase bayi, pertumbuhan sel-sel saraf Si Kecil belum sempurna sehingga diperlukan waktu tidur yang berkualitas dan sehat untuk perkembangan saraf, pembentukan sinaps, serta pelepasan 75 persen hormon pertumbuhan saat bayi tidur.

Selain itu, tidur juga termasuk salah satu bentuk adaptasi bayi terhadap lingkungannya. Memasuki usia 2 bulan, bayi akan mulai lebih banyak tidur di malam hari dibandingkan siang hari. Hingga usia 3 bulan, bayi akan menghabiskan waktu tidurnya sekitar 15-17 jam, dengan pembagian waktu 8 jam untuk tidur siang dan 9 jam untuk tidur malam.

Moms perlu tahu juga, nih, makin bertambah usia bayi, maka jam tidurnya pun akan berkurang. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa bayi usia 6 bulan akan punya pola tidur yang mulai mirip dengan orang dewasa.

Masalah sulit tidur pada bayi

Sayangnya, tak sedikit bayi yang kesulitan tidur nyenyak. Berdasarkan jurnal dari National Library of Medicine, masalah sulit tidur pada anak merupakan salah satu masalah yang paling umum terjadi, di mana 20-30 persen bayi dan anak mengalami masalah sulit tidur dan ini menjadi kekhawatiran yang sangat besar bagi para ibu baru melahirkan.

Ada beberapa penyebab masalah sulit tidur pada bayi, seperti lapar, tak nyaman karena popok basah, sensitif terhadap suara bising (faktor lingkungan), suhu yang terlalu panas atau dingin, bayi belum mengenal perbedaan siang dan malam, serta Adanya perubahan pada tubuh bayi atau sakit sehingga ia merasa tidak nyaman.

Kondisi kurang tidur pada bayi bisa mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh serta gangguan pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Bukan cuma itu, kurang tidur juga akan berdampak pada tumbuh kembang otak bayi.

Perlu diketahui Moms, bayi bisa dikategorikan memiliki gangguan tidur apabila durasi tidur malamnya kurang dari 9 jam, terbangun lebih dari 3 kali, dan lama terbangunnya lebih dari 1 jam. Bayi juga akan rewel, sering menangis, dan kesulitan untuk tidur kembali.

Tips membantu bayi mendapatkan tidur berkualitas

Nah, agar Si Kecil bisa mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, Moms bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Terapkan rutinitas tidur yang menyenangkan untuk Si Kecil, misalnya mandi sebelum tidur, memberikan pijatan lembut untuk membuat tubuhnya rileks, menyanyikan Si Kecil, dan mengenakannya pakaian tidur yang nyaman.

2. Pastikan Si Kecil kenyang sebelum tidur.

3. Hindari overstimulasi terhadap Si Kecil menjelang waktu tidur.

4. Ciptakan lingkungan tidur yang mendukung untuk Si Kecil, seperti kamar yang sejuk, tidak bising, dengan lampu yang redup.

Selain cara tersebut, Moms juga bisa membantu Si Kecil mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas dengan rangkaian Baby Sleepy Time dari Bambi Baby. Bambi Sleepy Time Series merupakan rangkaian perawatan bayi dengan kandungan aromatherapy dari kombinasi bahan essential oil yang mampu menenangkan sekaligus meningkatkan kualitas tidur sehingga bayi bisa tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Perawatannya terdiri dari:

1. Bambi Sleepy Time Calming Lotion

2. Bambi Sleepy Time Cologne

3. Bambi Sleepy Time Calming Rub Cream

4. Bambi Sleepy Time Hair Serum

Bambi Sleepy Time

Kandungan Bambi Sleepy Time Series dengan kombinasi aroma lavender dan chamomile yang tahan lama akan memberikan kelembutan dan ketenangan pada bayi sebelum tidur agar lebih nyaman serta mendorong perasaan bayi menjadi lebih tenang sehingga lebih cepat tertidur dan Si Kecil bisa tidur lebih nyenyak dan lama tanpa rewel. Saat bangun tidur pun badan Si Kecil akan terasa lebih segar sehingga ia lebih ceria untuk melakukan aktivitas.

Tak hanya itu, Bambi Sleepy Time Series mengandung pro-vitamin B5 yang berfungsi untuk mempertahankan dan menjaga kelembapan kulit serta melindungi Si Kecil dari iritasi.

Jangan khawatir, Moms. Produk Bambi Sleepy Time Series dengan Triple Protection (chamomile, licorice, dan pro-vitamin B5) juga sudah terbukti hypoallergenic, dermatologically tested, dan tersertifikasi BPOM. Jadi, aman deh buat Si Kecil.

Nah, salah satu rangkaian produk Bambi Sleepy Time Series, Bambi Sleepy Time Calming Rub Cream, bisa Moms berikan untuk membantu bayi mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Dengan natural essential oil (peppermint dan ginger oil) serta lavender dan chamomile oil, krim ini membantu menenangkan, memberikan kehangatan, dan kenyamanan pada Si Kecil sebelum tidur atau ketika cuaca dingin.

Selain menenangkan dan menghangatkan bayi, kandungan utamanya, peppermint dan ginger oil, juga membantu meringankan ketidaknyamanan akibat kolik dan flu yang dialami Si Kecil. Kandungan peppermint memberikan beberapa manfaat, seperti membantu meredakan perut kembung dan masuk angin serta memberikan rasa hangat dan nyaman pada tubuh bayi. Sedangkan kandungan ginger-nya membantu mengatasi gejala kolik, mengurangi perut kembung, dan memperlancar proses pencernaan.

Bambi Sleepy Time Calming Rub Cream bisa digunakan sejak bayi berusia 0 bulan, Moms. Pastinya, krim ini sudah allergen ingredients free serta hypoallergenic. Jangan khawatir, Moms. Bambi Sleepy Time Calming Rub Cream juga dermatologically tested dan:

  • Efektif membuat bayi tidur lebih tenang dan nyenyak
  • Efektif membantu melegakan dada dan pernapasan bayi
  • Efektif membantu mengurangi gejala kolik pada bayi
  • Efektif menghangatkan tubuh bayi tanpa membuat iritasi

Nah, semua produk Baby Sleepy Time Series dari Bambi Baby akan membuat Si Kecil tidur nyenyak sehingga tumbuh kembangnya pun optimal. So, tunggu apalagi, Moms? Yuk dapatkan rangkaian Baby Sleepy Time di supermarket atau e-commerce kesayangan Anda! (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik, Bambi Baby)