Type Keyword(s) to Search
TOODLER

Sambut Hari Anak Nasional, Yuk, Penuhi Hak Anak dan Lindungi Anak!

Sambut Hari Anak Nasional, Yuk, Penuhi Hak Anak dan Lindungi Anak!

Hari Anak Nasional 2023 memiliki salah satu subtema, yaitu Wujudkan Lingkungan Aman untuk Anak. Hal ini bertujuan untuk membangun kepedulian dan kesadaran orang tua, pengasuh, guru, masyarakat, dunia usaha, serta pemerintah dalam upaya memenuhi hak anak dan mewujudkan perlindungan anak.

Menyambut Hari Anak Nasional 2023 ini, Tokopedia berkolaborasi dengan dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA., atau biasa disapa dr. Tiwi, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya orang tua, terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta pentingnya peran orang tua dalam proses tumbuh kembang anak sejak usia dini.

Salah satu hak anak yang perlu dipenuhi oleh orang tua adalah mendapatkan makanan. Makanan tersebut tentunya haruslah yang bersih, bergizi, dan menyehatkan. Untuk itu, orang tua wajib menyediakan makanan bernutrisi setiap harinya untuk anak, termasuk memberikan ASI (air susu ibu).

“Dua tahun pertama hingga umur emas (5 tahun) merupakan masa yang paling penting dalam proses tumbuh kembang anak. Maka, banyak yang harus disiapkan oleh orang tua pada masa ini. Salah satunya adalah memastikan asupan gizi anak seimbang,” jelas dr. Tiwi.

Dijelaskan juga oleh dr. Tiwi bahwa pada awal usia anak, ASI merupakan asupan terbaik yang diberikan hingga anak berusia 6 bulan. Setelah usia 6 bulan, kebutuhan anak berkembang dan diperlukan makanan pendamping ASI (MPASI) dengan komposisi karbohidrat 50%, protein hewani 15%, dan lemak 30%.

Selain mendapatkan makanan bergizi, anak juga harus mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan yang baik. Salah satu cara untuk memenuhi hak anak untuk memperoleh pendidikan yang baik adalah dengan menstimulasi otaknya lewat buku.

“Menstimulasi otak anak dengan berbagai kegiatan, contohnya membaca buku, bisa mendukung proses tumbuh kembang anak. Membaca buku cerita kepada anak sejak kecil memiliki dampak positif, contohnya meningkatkan kemampuan berbicara, menyusun kalimat dengan teratur, keterampilan mendengarkan hingga kemampuan interaksi sang anak,” ungkap dr. Tiwi.

“Sejalan dengan hal tersebut, Tokopedia berupaya membantu orang tua untuk memperhatikan pemilihan produk kebutuhan anak, seperti makanan dan buku, demi memenuhi hak, melindungi, serta menunjang tumbuh kembang anak,” kata Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega.

“Untuk mempermudah orang tua mendapatkan produk kebutuhan anak terkurasi, Tokopedia menghadirkan halaman khusus Tokopedia Parents. Di samping itu, kami juga memberdayakan Komunitas Tokopedia Parents di mana Tokopedia rutin memberi edukasi kepada orang tua terkait kebutuhan rumah tangga atau keluarga, khususnya anak, melalui forum diskusi, media sosial dan kanal resmi lainnya,” tambah Antonia. (M&B/SW/Foto: Prostooleh/Freepik)