Type Keyword(s) to Search
BABY

Bayi 4 Bulan Bisa Apa Saja? Ketahui Perkembangannya, Moms

Bayi 4 Bulan Bisa Apa Saja? Ketahui Perkembangannya, Moms

Sebagai orang tua, Moms dan Dads tentu ingin memastikan dan memperhatikan tumbuh kembang Si Kecil agar selalu baik dan sesuai dengan usianya. Sekarang, bayi Anda sudah memasuki usia 4 bulan. Di usia ini, selain berat dan tinggi badannya yang bertambah, ada juga hal-hal lain yang sudah bisa ia lakukan. Si Kecil jadi jauh lebih aktif dan mulai tertarik pada lingkungan sekitarnya.

Jadi, bayi 4 bulan bisa apa saja? Berikut ini beberapa hal yang sudah bisa dilakukan bayi 4 bulan. Simak ya, Moms!

1. Tubuh dan kepala Si Kecil lebih kuat

Di usia 4 bulan, kemampuan fisik Si Kecil sudah meningkat di mana tubuh dan kepalanya lebih kuat. Ketika tengkurap, ia sudah bisa menegakkan kepalanya dengan baik dan menahan posisi tengkurapnya lebih lama dengan menopang memakai lengan-lengannya. Bahkan, bayi usia 4 bulan biasanya sudah bisa berguling, dari posisi tengkurap ke posisi telentang ataupun sebaliknya. Ia juga mulai menggunakan kakinya, memosisikan dirinya seperti akan merangkak.

2. Kemampuan tangan Si Kecil meningkat

Bayi usia 4 bulan umumnya sudah mulai bisa menggenggam sesuatu di tangannya. Si Kecil akan menggoyang-goyangkan mainan atau apa pun yang dipegangnya. Untuk itu, Moms bisa memberikan mainan yang menghasilkan bunyi atau suara, agar saat Si Kecil bermain dengan mainannya, mainan itu bisa sekaligus membantu menstimulasi pendengarannya.

Moms juga bisa mencoba meletakkan mainannya sedikit lebih jauh dari jangkauannya agar ia terstimulasi untuk berguling atau merangkak buat meraihnya.

Namun, Moms perlu perhatikan, bayi usia 4 bulan mungkin akan memasukkan benda atau mainan yang dipegangnya ke dalam mulut. Karena itu, Anda tetap perlu berhati-hati agar tidak memberikan mainan berukuran kecil atau membiarkan Si Kecil bermain sendirian tanpa pengawasan. Pastikan juga Anda tidak memainkan mainan berbunyi sangat dekat dengan telinganya, karena gendang telinga Si Kecil masih sensitif.

3. Penglihatan Si Kecil makin baik

Kemampuan penglihatan bayi usia 4 bulan juga akan meningkat. Itu membuatnya mulai tertarik dengan benda-benda yang ada di sekitarnya. Si Kecil mulai mampu mengikuti gerak benda dengan matanya dari satu sisi ke sisi lainnya, ditambah dengan kekuatan leher dan kepalanya yang makin meningkat. Ia juga akan tertarik dengan lebih banyak warna, bentuk, dan pola.

4. Si Kecil mulai belajar duduk

Di usia ini, Si Kecil juga mulai belajar duduk sendiri tanpa ditopang, meski hanya sebentar. Ini karena tulang belakangnya sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya saat duduk. Setiap kali ia mencoba duduk, Moms bisa membantu mengajarkan posisi duduk yang benar dan nyaman. Biarkan ia belajar duduk sendiri tanpa ditopang selama yang ia bisa, jangan memaksanya dan tetap berikan pengawasan ekstra ya, Moms.

5. Si Kecil jadi lebih ekspresif

Bayi usia 4 bulan biasanya sudah bisa merespons stimulasi yang Moms atau Dads berikan, seperti tertawa, tersenyum, atau terkejut. Ia juga akan mencoba meniru gerakan dan ekspresi wajah Moms dan Dads.

Si Kecil mulai suka bermain dengan Moms dan Dads, seperti melempar mainan yang dipegangnya sambil tertawa dan tersenyum agar Moms dan Dads mengambilnya. Dan, ia bisa merasa sedih atau mungkin kesal saat waktu bermain selesai.

Meski komunikasinya masih melalui tangisan, suara tangisannya mulai terdengar berbeda jika ia merasa lapar, lelah, atau sakit.

6. Si Kecil mulai berceloteh

Di usia 4 bulan, bayi mulai banyak berceloteh seperti mengeluarkan suara “Aaa...”, “Maa...”, atau “Baa...”. Ia juga mulai bisa menirukan suara yang ia dengar. Untuk menstimulasi kemampuan bicara Si Kecil, Anda bisa sering mengajaknya mengobrol.

Saat ia berceloteh sebagai respons dari obrolan yang Moms berikan, Anda juga perlu segera merespons seakan-akan Moms memahami apa yang ia katakan. Ini diperlukan agar ia bisa mengenal lebih banyak kata-kata dan nantinya bisa mengucapkannya sendiri. Ajarkan juga Si Kecil untuk mengucapkan kata-kata sederhana, seperti “Mama” atau “Papa”.

7. Kebiasaan tidur Si Kecil akan berubah

Kebiasaan tidur Si Kecil akan berubah seiring bertambahnya usia. Di usia 4 bulan, bayi biasanya akan tidur lebih lama sekitar 10-12 jam setiap malam, dengan catatan perutnya sudah kenyang.

Dengan perubahan kebiasaan tidur Si Kecil, Moms dan Dads jadi lebih bisa bersantai atau tidur lebih nyenyak di malam hari. Cobalah mulai terapkan rutinitas tidur yang menyenangkan untuk Si Kecil.

Rutinitas tidur ini biasanya mencakup mandi sebelum tidur untuk membuat tubuhnya lebih rileks, mengoleskan minyak telon sambil memberinya pijatan lembut, mengenakan Si Kecil pakaian tidur yang hangat dan nyaman, serta menyanyikannya lagu pengantar tidur. Menerapkan rutinitas tidur bisa membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak sepanjang malam.

Itulah beberapa hal yang sudah bisa dilakukan bayi 4 bulan. Untuk memastikan pertumbuhan bayi 4 bulan dengan baik, Moms harus memastikan nutrisi Si Kecil terpenuhi, mencukupi kebutuhan tidurnya, dan memberikan Si Kecil stimulasi dengan berbagai aktivitas untuk mendukung tumbuh kembangnya. Semoga bermanfaat, Moms! (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Freepik)