Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Berapa lama Durasi Bercinta yang Ideal? Ini Jawabannya Menurut Penelitian

Berapa lama Durasi Bercinta yang Ideal? Ini Jawabannya Menurut Penelitian

Berapa lama biasanya hubungan seks berlangsung? Sebenarnya tidak ada aturan waktu yang baku untuk berhubungan seks. Aktivitas ini bisa sangat bervariasi, tergantung pada preferensi dan faktor lainnya. Seks bukanlah sesuatu yang dilakukan hanya berdasarkan waktu tertentu.

Rata-rata durasi berhubungan seks

Ada beberapa penelitian tentang berapa lama seks biasanya berlangsung. Namun, sebuah studi dalam The Journal of Sexual Medicine memperkirakan waktu rata-rata untuk ejakulasi yang melibatkan 500 pasangan dari seluruh dunia, dengan cara mengatur waktu berhubungan seks selama periode 4 minggu, menggunakan stopwatch.

Peserta penelitian menekan tombol Start pada stopwatch saat penetrasi penis dan tombol Stop saat ejakulasi. Hasilnya sangat bervariasi, waktu yang dibutuhkan setiap pasangan untuk berhubungan seks berkisar antara 33 detik hingga 44 menit, dan rata-rata waktu berhubungan seks untuk semua pasangan adalah 5,4 menit. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa penggunaan kondom tampaknya tidak memengaruhi waktu lamanya berhubungan seks.

Selanjutnya, terapis seks di Amerika Serikat dan Kanada melakukan penelitian yang dipublikasikan di jurnal yang sama. Para peneliti memperkirakan durasi rata-rata seks dalam kategori yang berbeda.

Dari studi ini diketahui bahwa, seks yang berlangsung di bawah 3 menit disebut “terlalu pendek”, seks yang berlangsung 3-7 menit disebut “memadai”, seks yang berlangsung 7-13 menit disebut “diinginkan”, dan seks yang berlangsung lebih dari 30 menit disebut “terlalu lama”.

Lama dan singkatnya durasi bercinta bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

1. Apa yang dianggap sebagai seks. Bagi beberapa orang yang mendefinisikan setiap kontak yang merangsang secara seksual disebut sebagai seks—mulai dari foreplay, penetrasi penis, hingga ejakulasi—mungkin menganggap durasi bercinta bertahan lebih lama.

2. Kendala eksternal. Misalnya, Si Kecil terbangun dari tidurnya, sehingga durasi bercinta terlalu pendek.

3. Usia. Seiring dengan bertambahnya usia, beberapa pria merasa membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan ereksi, dan sebaliknya, pria yang lebih muda mungkin lebih cepat mendapatkan ereksi. Pada wanita, gairah seksual juga bisa turun karena bertambahnya usia.

4. Disfungsi seksual. Dalam beberapa kasus, disfungsi seksual juga bisa memengaruhi berapa lama Anda bertahan berhubungan seks. Secara khusus, disfungsi ereksi yang terjadi ketika seorang pria mengalami kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi bisa memengaruhi berapa lama seks berlangsung; ejakulasi dini di mana seorang pria mengalami ejakulasi lebih cepat daripada yang diinginkannya atau diinginkan pasangannya; kecemasan kinerja ketika perasaan negatif tentang seksualitas Anda menyebabkan Anda khawatir bahwa Anda tidak akan bisa memuaskan pasangan Anda.

Sementara itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat seks bertahan lebih lama atau sebaliknya, lebih cepat selesai.

Cara membuat seks bertahan lebih lama

Jika tujuannya adalah untuk membuat seks bertahan lebih lama, Anda mungkin bisa mempertimbangkan cara-cara berikut ini:

1. Lakukan teknik memeras (squeeze technique). Mulailah aktivitas seksual dan lanjutkan sampai Anda merasa hampir siap untuk ejakulasi. Kemudian, mintalah pasangan untuk meremas ujung penis dan tahan selama beberapa detik. Ini akan menahan dorongan untuk ejakulasi. Anda bisa meminta pasangan melakukan ini beberapa kali dalam satu sesi bercinta.

2. Terapkan metode berhenti-mulai (stop-start method). Metode berhenti-mulai adalah metode yang bisa dipraktikkan saat Anda atau pasangan merasa ejakulasi atau orgasme akan datang.

Pada saat itu, berhentilah sejenak sampai keinginan untuk ejakulasi dan orgasme berlalu, kemudian lanjutkan kembali aktivitas seksual. Dengan begini, Anda dan pasangan bisa memperpanjang durasi bercinta.

3. Fokus pada foreplay. Dengan berfokus pada foreplay, ini bisa memperpanjang durasi bercinta dan meningkatkan kesenangan bagi Anda maupun pasangan.

Cara membuat seks selesai lebih cepat

Jika Anda ingin seks selesai lebih cepat, karena suatu alasan tertentu, Anda bisa mempertimbangkan cara-cara berikut ini:

  • Bicarakan dengan pasangan Anda, jika Anda ingin melakukan hubungan seksual dengan durasi yang singkat.
  • Beritahu pasangan Anda titik-titik rangsangan yang Anda sukai, sehingga Anda bisa segera mencapai klimaks dan ini bisa mempercepat durasi bercinta.
  • Mempertimbangkan untuk menggunakan alat stimulasi dan sex toys guna membantu pasangan mencapai puncak dari gairah seksual lebih cepat.

Pada dasarnya, tidak ada yang benar atau salah mengenai durasi bercinta dan tidak ada aturan waktu yang baku untuk lamanya berhubungan seks. Anda dan pasangan harus mengomunikasikan apa yang membuat sesi bercinta terasa menyenangkan dan memuaskan bagi masing-masing. Komunikasi terbuka yang berfokus pada kesenangan masing-masing individu bisa membuat sesi bercinta jadi lebih baik.

Baca juga: Berapa Kali Frekuensi Bercinta yang Ideal dalam Seminggu?

(M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Racool_Studio/Freepik)