Type Keyword(s) to Search
BABY

Cegah Ruam Popok pada Bayi dengan Memilih Popok yang Tepat

Cegah Ruam Popok pada Bayi dengan Memilih Popok yang Tepat

Moms, Anda tentu setuju kalau dikatakan bahwa kesehatan Si Kecil merupakan hal yang utama buat orang tua, tak terkecuali dengan kesehatan kulitnya. Kita tahu kalau bayi memiliki kulit yang masih sensitif. Kulit Si Kecil juga mudah mengalami iritasi. Karena itu, Moms perlu memberikan perhatian ekstra dalam merawat kulit bayi agar ia terhindar dari masalah kulit.

Salah satu masalah yang paling sering dialami bayi adalah ruam popok. Seperti namanya, ruam ini terjadi pada area kulit bayi yang tertutup popok dan muncul karena pemakaian popok yang kurang tepat, seperti popok terlalu ketat, bahannya kurang lembut, dan penyerapannya kurang baik. Tak heran bila Moms sangat berhati-hati saat memilih popok buat bayi karena produk ini akan bersentuhan langsung dengan kulit Si Kecil dan digunakan dalam waktu cukup lama setiap hari.

Hal ini juga ditekankan oleh dr. S.T. Andreas Christian Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak. Ia menjelaskan, “Pemilihan popok perlu mendapatkan perhatian khusus bagi para ibu, karena popok bersentuhan langsung dengan kulit bayi dan digunakan dalam waktu cukup lama setiap harinya. Jika tidak teliti memilih popok yang tepat, maka berpotensi menyebabkan efek negatif seperti ruam popok.”

Menurut dr. Andreas, ruam popok dapat terjadi apabila bahan popok tidak mampu menyerap cairan dengan baik, kemudian menyebabkan cairan memuai dan kembali kontak dengan kulit bayi. Kontak yang terus-menerus dapat memicu iritasi, apalagi pada kulit bayi yang sangat sensitif.

Tips memilih popok yang aman dan nyaman buat bayi

Namun memilih popok yang sesuai untuk bayi bukanlah perkara mudah. Saat ini ada banyak merek popok yang beredar di pasaran. Nah, di sinilah peran Moms yang harus lebih cermat dalam memilih popok berdaya serap optimal agar permukaan kulit bayi tetap kering dan meminimalisasi risiko ruam. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan dalam memilih popok untuk Si Kecil, yakni:

1. Sesuaikan ukurannya dengan bayi Anda. Ingat, ukuran popok sebaiknya disesuaikan dengan berat badan bayi, bukan umurnya.

2. Berbahan lembut dan punya daya serap tinggi.

3. Tidak terlalu tebal sehingga bayi tetap nyaman saat bergerak.

4. Memiliki indikator urine sebagai pengingat untuk mengganti popok.

Memang, hampir semua popok bisa dibilang punya semua poin tersebut. Meskipun begitu, Anda mesti benar-benar jeli, Moms. Salah satu yang penting untuk Moms ketahui, popok yang ada di pasaran saat ini banyak yang menggunakan inti campuran pulp dan SAP (super absorbent polymers).

Pulp adalah hasil dari pemisahan serat yang terdapat pada serat kayu yang biasanya digunakan untuk membuat kertas. Sedangkan SAP adalah polimer hidrofilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cairan hingga lebih dari 100x lipat dari beratnya sendiri. Nah, campuran pulp dan SAP akan menyebabkan popok mudah menggumpal, popok menjadi tebal dan berat, penyerapan tidak merata, dan terjadi osmosis balik.

Popok yang menggumpal akan memiliki penyerapan di satu titik saja sehingga membuat permukaan lembap dan basah. Permukaan yang lembap membuat pertumbuhan bakteri penyebab ruam merah makin cepat berkembang biak. Oleh karena itu, pemilihan popok dengan daya serap dan anti gumpal sangatlah disarankan.

Popok generasi terbaru untuk Si Kecil

Terus, ada enggak popok yang seperti itu? Tentunya ada dong, Moms, yaitu MAKUKU Air Diapers Slim, popok generasi terbaru yang menggunakan struktur inti SAP dengan penyerapan yang baik, mampu menyerap cairan lebih optimal dan mengunci cairan di dalam bahan sampai menjadi padat di dalam sehingga tidak memuai ke luar dan membuat popok basah atau bocor.

Dengan begitu, cairan akan terserap sepenuhnya sehingga popok tidak lembap, kulit bayi tetap kering, dan terhindar dari risiko ruam popok. Kemampuan daya serap SAP juga membuat MAKUKU Air Diapers Slim anti gumpal alias tidak menggumpal pada satu titik sehingga penyerapan merata, permukaan popok tetap kering, dan efektif mengurangi ruam merah. Jadi, ketika dipakai dalam waktu lama pun masih tetap mengikuti postur tubuh bayi dan tetap ringan.

Kelebihan lainnya dari MAKUKU Air Diapers Slim ini adalah ringan dan tipis, hanya 1,6 mm, namun dengan daya serap yang tinggi. Tidak hanya ringan dan tipis sebelum digunakan, setelah digunakan pun cairan akan menyerap dan menyebar dengan cepat, membuat popok tetap ringan dan tipis seperti sebelum digunakan. Nah, dengan ukurannya yang tipis ini, Si Kecil tentu lebih leluasa bergerak dan nyaman beraktivitas ya, Moms.

Enggak cuma itu lho, Moms. Masih ada sederet fitur dan keunggulan lainnya dari MAKUKU Air Diapers Slim yang hadir dalam tipe perekat dan celana, yakni:

1. Struktur 3D, mampu mengurangi kontak langsung dengan kulit.

2. Permukaan rongga udara yang memiliki sirkulasi 2 arah.

3. Anti bocor samping, untuk mengurangi risiko kebocoran dari samping.

4. Dilengkapi indikator urine sebagai pengingat untuk mengganti popok, sehingga mengurangi risiko terjadinya ruam merah.

5. Desain berbentuk “U” di bagian tengah (tipe perekat NB untuk bayi yang baru lahir) guna mengurangi gesekan dengan tali pusar bayi.

6. Heat-Press Side (tipe celana), menyambungkan kedua sisi tepi menggunakan alat ultrasonik/termokompresi sehingga akan mengurangi gesekan di pinggang dan membuat Si Kecil lebih nyaman serta lebih mudah dirobek saat mengganti popok.

7. Tape pembuang (tipe celana).

Nah, dengan MAKUKU Air Diapers Slim ini, Moms sudah pasti bisa merawat dan menjaga kesehatan kulit bayi Anda yang sensitif sekaligus tak perlu khawatir lagi dengan ancaman ruam popok pada Si Kecil.

Testimoni dari Moms

Tahu enggak, Moms? ternyata sudah banyak lho, para ibu yang menggunakan MAKUKU Air Diapers Slim buat anak mereka. Berikut ini testimoni dari sejumlah Moms yang sudah mencoba MAKUKU Air Diapers Slim buat anak mereka:

1. Mom Hesti Oktaviani (Tegal): “Setelah saya mencoba Makuku diapers saya sangat terkesan dengan desain tipis jadi membuat bayi saya nyaman seperti tidak memakai diapers. Terus yang saya suka Makuku itu enggak gelembung dan cepat menyerap pipis bayi saya. Jadi saya sangat senang bisa menemukan diaper yang cocok untuk bayi saya. Terima kasih Makuku diapers.”

2. Mom Mahanani Puji Yuliastuti (Bekasi): “Bahannya memang lembut dan tipis sekali, tidak tebal seperti merek diapers lainnya. Tidak ada keluhan dari anak setelah pakai, dan pipisnya tidak menggumpal di satu titik.”

3. Mom Paula Citraningtyas (Sidoarjo): “Anak jadi lebih aktif dan lebih bebas bergerak. Kulit anak juga tidak iritasi lagi sejak menggunakan Makuku Air Diapers.”

4. Mom Emma Widi (Malang): “Diaper yang super tipis dan kering sehingga sangat nyaman di gunakan. Si bayi jadi senang dan tidak bikin ruam di pantat. Terima kasih banyak.”

5. Mom Riri Andriana (Jakarta): “Bagus banget, lembut, anti gumpal, beda dengan popok lain di pasaran.”

6. Mom Aya Choiriyah (Bogor): “Enak banget diaper-nya, enggak gampang ngembang, jadi anak-anak enggak gampang risih sama popok yang udah penuh. Pas dibuka juga kulit pantat anak kering, enggak lembap sama sekali. Permukaan popoknya halus, karet pinggangnya juga enggak ngejiplak ke pinggang anak. Suka banget juga sama motifnya.”

7. Mom Michele (Semarang): “Super worth, enggak bocor kalau malam kelupaan ganti diaper-nya tetep kering walaupun udah berat banget keisi pipis.”

Menurut para Moms, mereka merasa puas dengan popok ini karena bahannya yang lembut dan menyerap sempurna serta desainnya yang super tipis dan kering membuat Si Kecil nyaman memakainya sehingga ia bebas bergerak. Walaupun sudah penuh, menurut mereka, popok ini tidak menggumpal dan tetap kering sehingga Si Kecil tidak merasa risih, dan begitu diganti, kulit anak tetap kering dan tidak lembap, jadi Si Kecil pun terhindar dari risiko ruam popok.

Chelsea Olivia, public figure dan ibu 2 anak, merupakan salah satu Moms yang menggunakan MAKUKU Air Diapers Slim untuk sang anak, Dante. Ia berbagi pengalamannya, “Saat ini Dante sedang senang sekali berjalan dan berlari, karena itu diperlukan popok dengan bahan lembut dan berdaya serap tinggi agar memastikan kenyamanannya. Struktur inti SAP pada MAKUKU Air Diapers Slim sangat membantu menjaga kulit Dante tetap kering dan aman dari risiko ruam popok. Sejak menggunakan MAKUKU Air Diapers Slim, tidak ada lagi drama popok bocor atau berat karena menggumpal dan desain tipisnya super nyaman untuk Dante yang sedang super aktif. Dengan popok yang nyaman, Dante ceria sepanjang hari dan menikmati setiap proses eksplorasi di rumah maupun di luar rumah.”

Nah, ingin tahu lebih banyak mengenai MAKUKU Air Diapers Slim, Moms? Anda bisa saksikan tayangan video YouTube MAKUKU Air Diapers Slim Launching berikut ini.

Anda juga bisa kunjungi akun instagram Makuku Indonesia @makuku.indonesia.official. Moms juga bisa ikutan Video Competition Show Your SAP Diapers dengan hadiah mingguan untuk 10 orang pemenang berupa 2 Pack MAKUKU Air Diapers Slim + Uang Tunai Rp2 juta serta hadiah utama berupa Supply MAKUKU Air Diapers Slim SETAHUN PENUH + Cash Rp15 Juta. Wow, keren banget hadiahnya kan, Moms! MAKUKU Air Diapers Slim juga akan hadir di pop up booth di Plaza Indonesia lantai 3 mulai 17 Maret-17 April 2022 dan membagikan limited gift away popok setiap harinya.

MAKUKU Air Diapers Slim hadir dalam tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL) dengan harga mulai dari Rp61.900,00 hingga Rp119.900,00. MAKUKU Air Diapers Slim tersedia di MAKUKU Family, Transmart di Pulau Jawa dan Bali, dan Diamond Supermarket atau bagi yang lebih nyaman berbelanja online dapat mengunjungi e-commerce terkemuka termasuk Blibli, Jd.id, Lazada, Shopee, Tiktok, dan Tokopedia.

Dengan MAKUKU Air Diapers Slim, popok bayi dengan struktur inti SAP, hadir era baru yang akan mampu memberikan kenyamanan maksimal bagi Si Kecil, karena #MakukuMemulaiEraSap. (M&B/SW/Foto: Freepik, MAKUKU Air Diaper Slim)