Type Keyword(s) to Search
TOODLER

7 Cara Ampuh yang Bisa Dicoba saat Anak Menolak Minum Obat

7 Cara Ampuh yang Bisa Dicoba saat Anak Menolak Minum Obat

Membujuk anak agar mau minum obat tanpa dilepeh? The struggle is real, Moms! Jangankan mau membuka mulut, mendengar suara botol obat saja anak sudah kabur. Siapa di antara Moms yang sering mengelus dada setiap menghadapi momen minum obat seperti ini? Jangan berkecil hati, karena Anda tidak sendirian kok, Moms.

Solusinya tentu saja bukan menyerah pada keadaan dan membiarkan anak tidak minum obat dari dokter. Moms harus kreatif dengan mencoba menerapkan beberapa cara di bawah ini. Dijamin ampuh dan obat dokter bisa masuk ke tubuh anak. Let’s read on, Moms!

1. Pilih obat yang rasanya enak

Kami mengerti, tidak ada obat yang rasanya benar-benar enak, terutama buat anak yang sedang sakit. Namun, setidaknya Anda bisa menggugah hidung anak dengan memberikan obat yang rasanya agak manis, seperti anggur, strawberry, atau tutti fruity. Aroma dan rasa yang enak ini bisa sedikit meredakan rasa takut atau bahkan trauma minum obat pahit.

Jika memungkinkan, Moms mungkin bisa meminta dokter untuk memberikan obat yang rasanya enak, bukan puyer yang pahitnya membekas lama di pangkal lidah. Lebih pentingnya lagi, jangan bohongi anak kalau obatnya manis, padahal pahit ya, Moms. Ini bisa membuat anak jadi trauma minum obat.

2. Biarkan anak memilih

Jika anak harus minum beberapa jenis obat, maka biarkan ia memilih obat mana yang mau diminum terlebih dahulu. Moms juga bisa membiarkan anak memilih jam minum obat. Misalkan harus minum obat pada jam 09.00, maka biarkan ia pilih beberapa menit sebelum atau setelahnya, pasang alarm, dan biarkan ia pilih suara alarmnya. Cara ini akan membuat anak merasa memegang kendali, padahal semua tetap sesuai jadwal yang Anda buat.

3. Kerja sama dengan dokter

“Beberapa obat rasanya lebih enak daripada obat lainnya dan ada juga yang bisa diberikan 2 kali sehari, bukan 4 kali sehari,” ujar dokter Kimberly Giuliano, MD, dokter spesialis anak di Cleveland Clinic Children’s, pada Everyday Health. Anda mungkin bisa meminta obat yang rasanya lebih bersahabat di lidah anak atau meminta obat yang pemberiannya lebih sedikit (sehingga lebih sedikit pula drama minum obat yang harus Moms hadapi).

4. Campurkan ke dalam makanan

Kebanyakan obat aman untuk dihancurkan atau dibuka dari kapsulnya, Moms bisa tanya detail ini ke dokter yang memberi obat. Setelah dihancurkan, Moms bisa "samarkan" pemberian obat dengan mencampurnya ke makanan anak (tapi pastikan anak memakannya sampai habis ya, Moms). Jika mau pakai cara ini, pastikan obat anak aman dihancurkan dan tidak bersifat time-release, yang artinya obat langsung bekerja setelah dibuka dari kapsul atau dihancurkan.

5. Tipu lidahnya

Walau sudah tidak makan manis, lidah masih menyisakan sensasi manis dan dingin setelahnya. Untuk itu Moms bisa memberikan anak makanan manis atau dingin yang rasanya pekat di lidah, seperti selai, sirup, atau es krim, sebelum memberikan obat. Cara ini juga bisa diberikan segera setelah anak menelan obat, jadi ia tidak berlama-lama meratapi rasa pahit di lidahnya.

“Saya sering menyarankan untuk menyelupkan sendok ke sirup cokelat sebelum mengisinya dengan obat. Rasa cokelat itu membalut lidah saat anak menelan obat,” saran dokter Kimberly.

6. Beri hadiah

Anak yang sudah lebih besar sudah mulai senang dengan sistem reward. Selain Moms bisa memuji Si Kecil karena pintar minum obat, Moms juga bisa memberinya reward sederhana seperti stiker yang dikumpulkan di papan.

Jika stiker itu sudah penuh (sesuai dengan habisnya obat), maka Moms bisa memberinya hadiah, seperti buku cerita atau peralatan menggambar. Tidak perlu hadiah yang mewah kok Moms, hadiah sederhana saja sudah cukup. Pastikan juga hadiahnya edukatif ya, Moms.

7. Ajarkan menelan pil

“Anak di atas 4 tahun sudah mulai bisa diajarkan untuk menelan pil,” ujar dokter Kimberly. Ia menyarankan untuk mengajarkan anak menelan permen kecil dengan air minum. Jika saat minum kapsul anak sulit menelannya, maka Moms bisa menyelupkan kapsul di air dingin terlebih dahulu agar kapsul lebih licin. Jika obatnya dalam bentuk pil, coba belah menjadi potongan yang lebih kecil atau celupkan di agar-agar agar lebih mudah tertelan.

Nah, mana cara minum obat yang paling ampuh untuk Si Kecil, Moms? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: User18526052/Freepik)