Type Keyword(s) to Search

Deretan Aksi Sosial Selebriti untuk Bantu Penanganan Pandemi

Deretan Aksi Sosial Selebriti untuk Bantu Penanganan Pandemi

Pandemi COVID-19 tak hanya memberikan dampak di bidang kesehatan, namun juga bagi kondisi perekonomian rakyat. Tak sedikit masyarakat yang harus kehilangan penghasilan dan pekerjaannya karena kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dari pemerintah untuk menekan jumlah kasus COVID-19.

Beberapa waktu lalu bahkan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia kembali memburuk karena lonjakan angka kasus positif kembali meningkat, akses ke rumah sakit pun sulit karena banyak rumah sakit telah penuh, tabung oksigen dan obat-obatan langka, serta banyaknya korban yang meninggal dunia.

Kondisi ini pada akhirnya membuat masyarakat tergerak hatinya untuk saling membantu, meringankan beban sesama. Hal ini pun turut dilakukan para selebriti Indonesia. Mulai dari menggalang dana, memberikan paket obat-obatan, hingga menyumbangkan mobil untuk keperluan darurat, berikut ini aksi sosial mereka dalam membantu penanganan COVID-19.

1. Presenter Ananda Omesh menunjukkan kepeduliannya dengan membuat mobil darurat khusus pasien COVID-19 yang dinamakan Mobil Darurat Padodi. Inisiatifnya ini berawal dari teladan almarhum sang Ayah, R. Dodi Suhendi, yang selalu mengajarkannya untuk bisa membantu sesama. Omesh mengubah salah satu mobil kesayangannya untuk dijadikan ambulans yang bisa dimanfaatkan untuk mobilisasi pasien COVID-19 di Jakarta. 

2. Pandemi COVID-19 juga berimbas pada banyak perempuan pelaku UMKM yang mungkin menjadi garda terdepan untuk keluarganya. Tepat di perayaan ulang tahunnya tahun ini, penyanyi Andien Aisyah bersama teman-temannya memborong habis dagangan para perempuan pelaku UMKM dan membagikannya untuk warga sekitar. Ibu dari dua orang anak ini juga menggalang dana untuk berbagi dengan para perempuan pejuang UMKM.

3. Saat terjadi lonjakan jumlah kasus positif COVID-19 beberapa waktu lalu, makin banyak juga dokter dan tenaga kesahatan yang terpapar. Cathy Sharon bersama rekan artis lainnya membentuk tim "Anak Bangsa Peduli" yang langsung berkoordinasi dengan Tim Mitigasi IDI dan melakukan penggalangan dana untuk mendukung keselamatan dan kesehatan para nakes, seperti memberikan APD yang layak dan memiliki kualitas sesuai standar serta membantu memenuhi asupan gizi nakes, terutama vitamin.

4. Presenter kocak Imam Darto berinisiatif memberikan bantuan berupa makanan bagi 10 orang yang terpapar COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri. Bantuan ini dikhususkan terutama bagi perantau, pasien yang tinggal sendiri atau kos di area Jakarta. Selain itu ayah dari tiga orang anak ini juga pernah menggalang plasma konvalesen untuk pasien COVID-19.

5. Terinspirasi dari rekannya, Imam Darto, serta melihat kondisi sempat langka dan mahalnya persediaan obat, presenter Hesti Purwadinata membagikan 10 COVID kit, yaitu paket berupa obat-obatan, vitamin, masker, serta penunjang isolasi mandiri bagi orang yang terpapar COVID-19. Bagi-bagi COVID kit gratis ini pun berlanjut di batch dua dengan kuota penerima yang lebih banyak dari sebelumnya, yaitu sekitar 60 paket.

6. Pesinetron Okan Kornelius diketahui mengirimkan bantuan berupa masker dan kasur untuk fasilitas isolasi mandiri di Mapolres Sumedang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Meski demikian, ia berharap bantuan berupa kasur ini tidak terpakai, karena bila terpakai artinya ada masyarakat yang dirawat karena terpapar COVID-19. 

7. Selebgram cantik Rachel Vennya juga melakukan penggalangan dana untuk masyarakat yang ingin berdonasi demi membantu tenaga kesehatan, relawan, dan masyarakat ekonomi lemah yang terdampak COVID-19. Tak hanya itu, sama seperti Andien, ia juga menggalang dana untuk perempuan pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19.

Aksi para selebriti ini tentu sangat menginspirasi kita semua untuk bisa saling membantu meringankan beban sesama selama pandemi. Kalau ada rezeki lebih kenapa tidak kan, Moms? (Vonda Nabilla/SW/Dok. Instagram @omeshomesh, @andienaisyah, @cathysharon, @imamdarto, @hestipurwadinata, @okankornelius, @rachelvennya)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle