Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Jangan Asal Pijat, Berikut Pertolongan Pertama saat Keseleo

Jangan Asal Pijat, Berikut Pertolongan Pertama saat Keseleo
People photo created by freepik - www.freepik.com

Keseleo atau terkilir bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, saat Anda berolahraga atau sedang berjalan biasa saja. Jangan langsung panik! Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah bagian kaki yang keseleo bertambah parah.

Perlu diketahui, keseleo terjadi ketika satu atau lebih ligamen di pergelangan kaki tertarik atau robek sehingga menyebabkan penderitanya mengalami rasa sakit serta pembengkakan di area yang cedera. Selain pembengkakan, keseleo juga akan menyebabkan area cedera mengalami kemerahan, memar, sensasi rasa hangat, dan terasa sakit saat disentuh. Ketika cedera ini terjadi di area pergelangan kaki, maka kaki akan sulit digunakan untuk berjalan.

Saat keseleo, jangan asal dipijat. Lakukan langkah berikut ini agar rasa nyeri bisa dikurangi dan cedera tidak bertambah parah.

1. Jangan menggerakkan kaki

Sebisa mungkin, istirahatkan kaki Anda yang terkilir selama sekitar 24 jam hingga 48 jam setelah cedera. Kurangi mobilitas dan jangan mencoba menggerakkan kaki yang keseleo. Jika memang harus berpindah posisi, Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memapah atau menggunakan alat bantu seperti kruk dan tongkat.

2. Gunakan kompres dingin

Tidak sedikit orang yang mengoleskan balsam atau mengompres dengan air hangat pada kaki yang cedera. Padahal sesungguhnya tindakan tersebut justru akan memicu timbulnya pembengkakan. Sebaliknya, Anda disarankan untuk menggunakan kompres dingin.

Caranya, ambil es batu lalu lapisi dengan handuk atau kain, dan kompres area yang mengalami cedera selama 15 hingga 20 menit. Anda bisa mengulangi sebanyak 3-5 kali dalam satu sesi guna mengurangi pembengkakan. Perlu diingat, jangan menempelkan es batu langsung pada kulit karena berisiko memunculkan radang dingin.

3. Angkat pergelangan kaki

Apabila keseleo terjadi di pergelangan kaki, angkat bagian tersebut secara perlahan dan posisikan kaki agar lebih tinggi daripada organ jantung saat Anda berbaring. Gunakan alat bantu seperti bantal atau selimut tebal untuk menyangga kaki agar posisinya lebih tinggi. Apabila Anda dalam posisi duduk, maka usahakan untuk memosisikan kaki yang cedera sejajar atau lebih tinggi daripada pinggang.

4. Membalut bagian yang keseleo

Salah satu cara untuk membatasi pergerakan adalah dengan membalut bagian kaki yang keseleo menggunakan perban elastis. Perban dapat dibalutkan di antara jari kaki, telapak kaki, dan naik ke arah tumit hingga pergelangan kaki. Pastikan untuk membungkus pergelangan kaki hingga beberapa sentimeter di atas bagian yang mengalami cedera. Perlu diingat, balutan tidak boleh longgar tapi juga tidak terlalu kencang agar tak mengganggu aliran darah.

5. Minum obat pereda nyeri

Untuk mengurangi rasa nyeri, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Jika rasa nyeri yang intens tak kunjung hilang dalam beberapa hari, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Penting untuk diketahui, jangan memijat bagian kaki yang keseleo. Tindakan yang salah bisa berakibat cedera makin parah. Jika Anda tetap ingin memijat bagian yang keseleo, lakukan 72 jam setelah cedera terjadi. Pastikan bagian tersebut ditangani oleh orang yang tepat, seperti fisioterapis profesional.

Keseleo yang tidak diatasi dengan benar berisiko menyebabkan komplikasi mulai dari sakit kronis di pergelangan kaki, ketidakseimbangan sendi, serta munculnya arthritis di pergelangan kaki. Jika diatasi dengan baik, keseleo akan sembuh dalam waktu 1 hingga 6 minggu. (Wieta Rachmatia/SW/Dok. Freepik)