Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Irish Bella Quality Time dengan Anak saat Pandemi

Cara Irish Bella Quality Time dengan Anak saat Pandemi

Tak hanya Anda, anak juga bisa merasakan kegelisahan di tengah pandemi ini. Kurangnya hiburan dan aktivitas seru, ditambah lagi kegiatan harus berpusat di rumah, semua itu tentu bisa membuat anak bosan dan tertekan. Untuk mengatasinya, Moms perlu ekstra kreatif dengan memberikan aneka kegiatan seru agar anak tak bosan #dirumahaja.

Nah, salah satu kegiatan seru yang bisa Moms lakukan bersama Si Kecil adalah membacakan dongeng dengan cara yang superfun! Cara ini juga dilakukan Irish Bella, celebrity-mom, pada putranya lho, Moms. Apa sih, manfaat membaca berdua anak yang Irish Bella rasakan? Simak pengakuannya dan pendapat psikolog anak mengenai kegiatan seru ini.

Manfaat membaca bersama anak

Menurut American Academy of Pediatrics membaca bersama anak selain dapat membantu perkembangan bahasa juga dapat membantu perkembangan hubungan antara ibu dan anak. Selain itu, membaca buku juga ampuh untuk meringankan stres sehingga Moms bisa merasa tenang menghadapi masa sulit seperti saat ini.

"Membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat apalagi jika mulai dilakukan sedini mungkin, bahkan sejak anak masih bayi sekalipun. Selain mengembangkan minat baca pada anak, membacakan buku cerita juga menjadi  aktivitas yang dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak," jelas Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak dan Remaja, saat webinar bersama Mama's Choice beberapa waktu lalu.

Tak hanya seru dan baik untuk mempererat hubungan ibu dan anak, Vera juga menyebutkan kalau membacakan buku untuk anak atau bersama anak juga dapat membuat anak jadi lebih tenang. Namun pastikan kegiatan membaca ini dilakukan secara konsisten ya, Moms. "Ini karena saat membacakan cerita, ibu dan anak berdekatan secara fisik serta ada sentuhan fisik yang dapat memunculkan hormon oksitosin, salah satu hormon antistres, yang membuat anak merasa dekat dengan ibunya, begitu pula sebaliknya," papar Vera.

Rutinitas Membaca ala Irish Bella

"Membacakan cerita untuk Air menjadi salah satu kegiatan yang wajib aku lakukan di rumah, karena dengan membaca aku bisa menciptakan bonding time yang bisa memberikan ketenangan sendiri buat aku dan Air," ujar Irish Bella, celebrity-mom sekaligus Chief Mama Officer Mama's Choice.

Menurut Irish Bella, anaknya sudah menunjukkan rasa ketertarikan untuk dibacakan buku sejak dini. Ia juga berharap rutinitas positif ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak dan berbagai kemampuan lainnya, seperti berbicara dan membaca.

Dalam memilih buku untuk anak, Irish Bella tentunya memilih buku yang sesuai dengan usia anak. Gambar dan ceritanya juga harus menarik, sehingga anak bisa semakin menikmati momen dibacakan buku bersama dirinya. Irish juga mengaku sering menggunakan tambahan boneka yang bisa dimasukkan ke tangan, yang ia gunakan untuk mendongengkan Air agar semakin interaktif dan seru. Tak hanya Air yang terhibur, Irish juga merasa quality time ini seru, menghibur, dan tentunya menambah kedekatan keluarga.

Cari Buku yang Seru!

Walau membaca bersama anak memiliki begitu banyak manfaat, sayangnya minat membaca buku di Indonesia masih cukup rendah. Menurut pernyataan Staf ahli Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro, pada rapat koordinasi nasional, Tingkat literasi Indonesia berada di posisi 62 dari 70 negara berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.

Duh, fakta yang sangat miris ya, Moms! Nah, untuk mendukung para Moms membacakan buku untuk putra-putrinya, Mama's Choice berkolaborasi dengan Irish Bella dan Watiek Ideo, penulis buku anak, meluncurkan seri buku cerita anak berjudul Dunia Bunbun.

"Seri buku cerita anak ini diluncurkan dengan bundling produk perawatan anak yang aman, halal, dan natural sebagai alat bagi ibu dan anak untuk melakukan bonding time agar bisa menciptakan rasa tenang di masa pandemi," kata Rahne Putri, Head of Branding Mama's Choice.

Rahne menambahkan, kedua buku tersebut menceritakan bagaimana pentingnya kejujuran, sikap saling menghargai, kebersamaan, melindungi orang lain dan self care, yang sesuai dengan visi dan misi Mama's Choice. Bagi para Mama yang ingin mendapatkan paket produk "Irish Bella Baby Essential Kit" Anda bisa membelinya di website dan e-commerce resmi milik Mama's Choice. (Tiffany/SW/Dok. Mama's Choice)