Type Keyword(s) to Search
TOODLER

Mudah dan Efektif! Ini 9 Cara Sederhana Mengapresiasi Anak

Mudah dan Efektif! Ini 9 Cara Sederhana Mengapresiasi Anak

Moms, apa yang Anda rasakan saat ada orang lain yang mengapresiasi karya atau usaha Anda? Senang dan bangga kan, pastinya. Anda pun mungkin semakin bersemangat untuk membuat karya-karya lainnya. Nah, begitu pun dengan Si Kecil. Faktanya, seperti orang dewasa, anak-anak juga perlu menerima apresiasi atas karya dan usaha yang mereka lakukan, terutama dari orang tua mereka.

Memberikan Si Kecil apresiasi atas usahanya membuat ia merasa dihargai dan secara tak langsung dapat membuatnya lebih semangat lagi untuk melakukan hal-hal baik lain ke depannya. Tak hanya itu, apresiasi yang Moms dan Dads berikan kepada anak sejak dini juga dapat mendukung perkembangan sikap dan kepribadiannya. Ia akan tumbuh sebagai pribadi yang percaya diri, peduli pada sesama, dan terhindar dari stres.

Apresiasi yang sesuai, sederhana, dan efektif

Masih banyak orang tua yang menganggap bahwa cara mengapresiasi Si Kecil adalah dengan memberikan barang idamannya sebagai hadiah. Tak salah memang untuk memberikan Si Kecil hadiah, namun sebenarnya mengapresiasi anak tak perlu dilakukan dengan cara yang sulit atau barang mahal, kok.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk mengapresiasi Si Kecil? Berikut M&B berikan 7 cara sederhana dan efektif untuk melakukannya. Yuk, dicoba, Moms!

1. Memuji secara lisan

Cara spontan termudah yang bisa Anda lakukan untuk mengapresiasi usaha Si Kecil adalah dengan memberikan pujian secara lisan. Kata-kata sederhana seperti "anak pintar" atau "anak hebat" bisa membuat Si Kecil senang dan bangga lho, Moms.

Namun agar lebih efektif, Moms bisa menegaskan hal baik yang dilakukan Si Kecil. Misalnya ia menunjukkan lukisan yang ia buat, Moms bisa berkata, "Wah, kamu hebat bisa membuat lukisan warna-warni seperti itu!", atau "Wah, kakak pintar ya, memadukan warna-warna dalam lukisan. Mama bangga, deh!"

2. Sentuhan fisik

Tak hanya pujian secara lisan, bila ditambah sentuhan fisik, dijamin hati Si Kecil lebih berbunga-bunga lho, Moms! Penelitian pun menyebutkan bahwa apresiasi fisik harus dilakukan sejak dini, karena akan memengaruhi Si Kecil saat dewasa nanti. Apresiasi fisik pun tak hanya bisa dilakukan saat Si Kecil membuat suatu prestasi. Pelukan dan kecupan sebelum tidur atau saat Si Kecil bangun tidur di pagi hari juga mampu membuat anak merasa lebih diperhatikan dan dicintai.

3. Memajang karya Si Kecil

Si Kecil suka menggambar atau membuat kerajinan tangan? Apa pun hasilnya, puji usahanya dan pajang karyanya ya, karena mengapresiasi karya adalah hal yang sangat penting untuk mengembangkan kreativitas Si Kecil. Moms bisa menjadikan karya Si Kecil sebagai bagian dari dekorasi rumah dengan menempel gambarnya di kulkas dengan magnet kulkas, atau membingkai dan menggantung lukisannya di ruang keluarga.

4. Apresiasi juga keberhasilan kecil

Banyak Moms dan Dads yang mengapresiasi anak saat ia berhasil meraih hal-hal besar seperti menjadi juara kelas atau memenangkan lomba namun secara tak sadar melewatkan keberhasilan-keberhasilan kecil anak. Padahal, hal-hal biasa seperti rutin bangun pagi, menuruti perintah Moms dan Dads, atau fokus saat belajar juga perlu mendapat apresiasi tulus dari kedua orang tua.

5. Quality time

Anda mungkin sudah menyediakan semua kebutuhan Si Kecil dengan baik seperti makanan enak dan bergizi, pakaian dan mainan bagus. Namun sudah banyakkah waktu yang Moms habiskan bersama Si Kecil? Ya Moms, terkadang anak hanya membutuhkan kesediaan orang tuanya untuk meluangkan waktu beraktivitas bersamanya. Ketika Moms mampu meluangkan waktu untuk Si Kecil, ia tentunya akan merasa lebih dihargai, dibutuhkan, dan disayang.

6. Temani saat anak berjuang

Tak hanya menerima "hasil jadi", orang tua pun perlu tahu proses dan usaha Si Kecil dalam mewujudkan prestasinya. Dengan menemani Si Kecil belajar atau berjuang, Moms bisa memberi semangat, memberi bantuan saat dibutuhkan, dan akan lebih mudah untuk mengapresiasi usahanya. Kehadiran Moms tentu juga merupakan bentuk apresiasi yang luar biasa bagi Si Kecil.

7. Jangan berorientasi pada hasil

Tak perlu menunggu Si Kecil untuk menjadi juara untuk memberikan apresiasi ya, Moms. Berilah pujian dan dukungan meskipun usaha yang telah dilakukan Si Kecil belum memberikan hasil yang memuaskan. Dukungan dan apresiasi tanpa henti dari orang tua akan membuat anak tak mudah menyerah dan mau mencoba lagi di lain kesempatan.

8. Hal sederhana namun berkesan

Siapa sih, yang tak suka diberikan hadiah berupa barang? Si Kecil juga tentu suka! Namun Anda tak harus selalu memberikan barang untuk mengapresiasi anak ya, Moms. Coba berikan Si Kecil hal-hal sederhana tetapi penuh kesan seperti mengajak Si Kecil jalan-jalan bersama, menemaninya main atau mengobrol, memberi waktu main ekstra, dan hal-hal sederhana lainnya saat ia berusaha dengan giat.

9. Tunjukkan kasih sayang

Moms bisa memuji Si Kecil, menemaninya belajar, atau memberikannya hadiah. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan tulus, penuh rasa sayang, dan fokus pada Si Kecil saat memberikan apresiasi. Hindari memberi apresiasi sambil lalu dan sekenanya ya, Moms. Anak bisa merasakan lho, jika Anda tak fokus kepadanya. Misalnya Si Kecil menunjukkan karyanya pada Moms saat Anda sedang bekerja. Cobalah untuk berhenti sejenak dari kesibukan Anda, dan berikan perhatian penuh saat mengapresiasi karya serta usahanya. (Nanda Djohan/SW/Dok. Freepik)