Type Keyword(s) to Search

5 Perlengkapan yang Perlu Disiapkan Jelang MPASI Pertama Bayi

5 Perlengkapan yang Perlu Disiapkan Jelang MPASI Pertama Bayi

Bagi Moms yang bayinya akan segera berusia 6 bulan, Anda pasti sudah tak sabar ingin memberikan aneka MPASI lezat dan sehat untuk Si Kecil. Guna mempermudah penyajian MPASI bayi, tak ada salahnya membeli beberapa perlengkapan penunjang ini.

Sebaiknya Moms sudah membeli perlengkapan MPASI tersebut sejak sebelum bayi berusia 6 bulan atau siap MPASI, agar momen pemberian MPASI perdana menjadi semakin mudah dan menyenangkan. Apa saja sih, perlengkapan yang harus disiapkan jelang MPASI perdana? Yuk, lihat daftarnya di bawah ini.

1. Peralatan makan

Ini adalah perlengkapan paling dasar dalam menyambut MPASI perdana Si Kecil. Peralatan makan bayi terdiri dari mangkuk, piring, dan sendok. Di fase awal ini mungkin garpu belum terlalu dibutuhkan, karena tekstur MPASI masih cair.

Bahan dasar peralatan makan bayi tentunya harus yang berkualitas tinggi, bebas BPA, tidak mudah pecah, dan food-grade. Ukuran peralatan makan bayi juga harus disesuaikan dengan usia anak, karena semakin besar usianya tentu kemampuan dan kebutuhannya juga semakin besar.

Contohnya sendok makan bayi, bentuk dan ukurannya tentu berbeda jika anak sudah mampu menggenggam sendiri sendoknya. Sekarang juga sudah banyak sendok makan bayi yang memiliki indikator suhu makanan lho, Moms. Sendok akan berubah warna jika makanan terlalu panas untuk bayi.

2. High chair

Agar anak terbiasa makan dengan posisi yang baik, Moms bisa mengajaknya duduk di high chair atau kursi makan bayi setiap kali waktu makan tiba. Bentuk kursi ini sudah didesain khusus agar bayi tidak mudah tersedak saat makan. High chair juga bisa menjadi cara yang tepat untuk membiasakan anak duduk manis hingga selesai makan dan fokus menikmati makanannya.

Ada banyak pilihan high chair di pasaran, mulai dari material, fitur, merek, hingga kualitas yang bisa Anda pilih sesuai budget dan selera.

3. Bib

Celemek makan bayi atau biasa disebut bib juga penting untuk dipakai setiap kali anak makan. Jangan khawatir bib akan mengganggu anak, karena ukuran bib bisa disesuaikan dengan kenyamanan anak sehingga tidak mencekik.

Hampir semua material bib juga nyaman digunakan bayi lho, Moms. Ada yang terbuat dari silikon lembut dan bebas BPA, ada yang terbuat dari poliester ramah lingkungan, ada juga yang terbuat dari katun halus untuk bayi yang kulitnya sensitif.

Jika Moms tak mau repot mencuci bib, sekarang banyak pilihan bib dengan bahan dasar silikon berkualitas tinggi yang sangat mudah dibersihkan. Pilihan desain dan gambarnya juga beragam lho, Moms, Si Kecil pasti suka memakainya.

4. Perlengkapan memasak

Untuk memastikan MPASI Si Kecil dimasak dengan sempurna dan higienis, tak ada salahnya menyiapkan perlengkapan masak khusus untuk MPASI Si Kecil. Ya, gunakanlah wajan dan alat masak lainnya yang khusus untuk MPASI anak, agar tidak terkontaminasi rasa dari masakan dewasa. Moms tidak mau kan ada sensasi pedas di bubur bayi karena terkontaminasi rasa rendang yang masih menempel di wajan?

Perlengkapan memasak ini umumnya terdiri dari wajan, panci, kukusan, sutil, talenan, pisau, dan saringan. Walau peralatan ini sudah dikhususkan untuk memasak MPASI anak saja, tetap pastikan kebersihan pencucian dan penyimpanannya ya, Moms. 

5. Baby food processor

Kini sudah banyak pilihan food processor khusus mengolah MPASI bayi. Keuntungan menggunakan food processor adalah bisa membantu beberapa pekerjaan sekaligus, seperti mengukus, menghaluskan makanan, menghangatkan, dan bahkan bisa mensterilkan botol susu. Praktis kan, Moms!

Food processor khusus MPASI ini juga dapat menjaga kualitas makanan agar nutrisinya tidak banyak terbuang. Rasa, tekstur, bentuk, dan aroma yang dihasilkan dari pengolahan makanan menggunakan food processor ini juga sangat baik dan tetap berkualitas. Moms enggak perlu takut MPASI terlalu matang, karena kebanyakan food processor sudah dilengkapi timer yang menjaga masakan Anda matang tepat waktu.

Walau baby food processor tergolong cukup mahal, namun fungsinya sangat sebanding. Ini membantu mempermudah Anda dalam memberikan MPASI terbaik untuk Si Kecil, Moms. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)