Type Keyword(s) to Search
BABY

Kenali dan Obati Gangguan Kulit Eksim pada Anak

Kenali dan Obati Gangguan Kulit Eksim pada Anak

Moms, salah satu gangguan kulit yang bisa dialami Si Kecil adalah eksim atau dermatitis atopik. Ini merupakan kondisi di mana kulit memerah dan gatal akibat inflamasi atau iritasi. Umumnya diikuti pula dengan asma dan alergi.

Tanda dan gejala eksim ini bervariasi antar orang. Namun, eksim hampir selalu menimbulkan rasa gatal yang menjadi parah, terutama di malam hari. Area kulit yang mengalami eksim biasanya menjadi sangat kering, menebal, dan bersisik.

Pada orang yang memiliki kulit putih, area ini diawali dengan kemerahan dan berubah menjadi cokelat. Sementara pada orang berkulit lebih gelap, eksim dapat memengaruhi pigmentasi, membuat area kulit yang terkena menjadi lebih terang atau lebih gelap dibandingkan warna kulit aslinya. 

Penyebab eksim

Meskipun belum diketahui penyebabnya sampai sekarang, namun kondisi ini tampaknya berhubungan dengan respons berlebihan dari sistem imun tubuh terhadap bahan penyebab iritasi. Eksim cenderung berkaitan dengan gabungan berbagai faktor.

Di antaranya, kulit kering yang menurunkan kemampuan kulit untuk menjadi penghalang yang efektif. Bakteri seperti Staphylococcus aureus pada kulit yang membentuk lapisan yang menutupi kelenjar keringat serta kondisi lingkungan juga bisa menjadi penyebab.

Pada beberapa anak, kontak langsung dengan material yang kasar, cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, terpapar dengan produk rumah tangga tertentu, seperti sabun atau detergen, atau kontak langsung dengan bulu hewan bisa menimbulkan eksim.

Pengobatan eksim

Target pengobatan eksim adalah untuk meredakan dan mencegah gatal serta infeksi. Gunakan losion dan krim untuk menjaga kulit tetap lembap. Pengobatan lainnya termasuk antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang parah, phototherapy (terapi dengan sinar UV pada kulit), dan obat cyclosporine.

Segera hubungi dokter apabila kulit anak makin kering dan pecah-pecah, disertai rasa gatal yang tidak kunjung mereda, kulit meradang, perubahan warna kulit yang drastis atau demam tinggi. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)